Gerakan Tangan, Lengan Leher dan Mata Pada Tarian Pendet

Gerakan Tangan dan Lengan

Ngeseh (ngejat pala)

Pangkal lengan bergetar (digetarkan dengan cepat) guna melemaskan otot-otot yang ada pada pangkal lengan. Untuk lebih baiknya pada waktu bergerak posisi kaki dalam keadaan ngeed dan perut dikempiskan.

Ngombak ngangkel

Gerakan siku nyinggung ke samping kiri dan kanan, gerakan ini dilakukan dalam posisi ngeed dan perut dikempiskan.

Ngombak rangkep

Merupakan kombinasi antara gerakan tangan dan kaki, dengan gerakan tersebut akan dapat melemaskan otot-otot yang ada disekitar kaki dan tangan. Begitu juga dalam melakukan gerakan ini sebaiknya posisi kaki Ngeed, perut
dikempiskan dan pundak datar.

Agem kanan

Posisi kanan dalam keadaan tapak sirang, kaki kanan ada dibelakang kaki kiri dengan jarak satu tapak, semua jari kaki kiri ditarik ke atas (nyelekenting), badan tegak, tangan kanan sepat pala dan tangan kiri ugel sirang susu, serta semu ajari tangan jeriring.

Agem kiri

Kebalikan agem kanan.

Sikap tangan ngruji

Jari-jari tangan dibuat rapat, ibu jari dikenakan/ditempelkan pada telapak tangan, pergelangan tangan ditekuk hingga tangan mengacung ke atas. Maksudnya, untuk melatih sikap tangan dan gerak pergelangan tangan. Gerak/sikap ini sering dilakukan pada tangan sebelah kiri.

Sikap tangan nyumprit

Ibu jari melekat pada ujung jari tengah.

Sikap tangan ngeletik

Sikap tangan sama dengan ngruji, hanya kemudian telunjuk dan jari lainnya
meniltil/berkedip secara bergantian.

Sikap tangan jeriring

Sikap tangan sama dengan ngruji, hanya kemudian semu jari digetarkan sedikit dan beriringan dari kelingking sampai ke ibu jari. Gerakan ini menirukan gerakan daun nyiur yang sedang ditiup angin Alon

Gegirahan

Jari tangan dibeberkan lebar-lebar, kemudian digetarkan seluruhnya secara bersamaan, gerakan ini dipergunakan untuk tangan yang berkuku panjang seperti jauk, aring rangda, dan lainnya.

Gerak leher

Berdiri bersikap tegap

Kepala diputar ke arah kanan dan kiri. Maksudnya, untuk melatih putaran kepala, yang diputar sebenarnya leher karena leher yang diputar maka kepalapun ikut berputar.

Berdiri bersikap tegak

Leher dan kepala dipalingkan ke arah kanan, kiri, dan depan, memandang lurus tegak. Jika menoleh ke kanan atau ke kiri sikap badan harus tetap tegak. Hal ini dilakukan untuk melakukan gerakan patah-patah pada leher.

Gerakan mata

Sebenarnya gerakan mata dalam tari Bali sangatlah beragam berdasarkan fungsinya, berikut ini adalah contoh gerak mata.

  • Nyeledet, gerakan mata melirik ke samping kanan dan kiri yang merupakan satu-satunya tari di Indonesia yang sangat menaruh perhatian terhadap unsur ini. Cara melakukannya adalah dengan menarik biji mata ke sudut atau ke samping atas bagi tari putra dan ditarik sejajar untuk putri. Gerakan nyeledet ini berdasarkan agem yang sudah ditentukan. Jika pada sikap agem kanan, mata nyeledet ke sudut kanan. Jika sedang ngagem kiri, mata nyeledet ke sudut kiri.
  • Nelik/dedeling, gerakan membelalakan kedua mata, alis diangkat ke atas dan mata difokuskan pada satu titik.

Gerak-gerak dan sikap-sikap dasar ini juga sering digunakan untuk melakukan pemanasan atau melatih gerakan-gerakan sesungguhnya dalam komposisi tari pendet.

Incoming search terms:

    makna gerakan tari pendet,gerak dasar tari pada jari,Gerak dasar mata,sikap tangan pada tari,Cara melatih gerakan tangan dalam gerak dasar tari,gerakan tangan tari pendet,cara melatih gerakan tangan dalam latihan gerak dasar tari,ragam gerak tari pendet,pengertian nyeledet,gerakan leher pada tari,gerakan mata pada tarian jawa,Macam macam gerak leher pada tari jawa,gambar tarian variasi tangan kaki kepala,makna gerakan tarian pendet,Gerakan utama tari pendet,sikap dasar gerak tari tangan,gerakan-gerakan tangan dalam seni tari,jenis gerak leher dalam tari,latihan gerak tangan dalam seni tari,macam gerak tari tangan,tips melemaskan tangan untuk tari,macam macam gerakan leher pada tari jawa,perbedaan gerakan lengan dan tangan seni tari,pengertian latihan gerak dasar kaki dalam tarian,otot mata pada penari bali,Melatih gerakan tangan dalam gerak dasar tari,sebutkan gerakan dasar tari pendet,macam-macam gerakan pemanasan,sikap dan gera dasar tari pada tangan,macam-macam gerakan atau agem tari gopala,ragam gerak tari pendet bali,Gerakan tangan kaki dan leher dalam tarian yang dilakukan secara bersamaan disebut,Gerakan mata pada tarian,contoh gerakan tangan dalam menari,contoh gerak tari beserta cara melakukannya,caranya melatih gerakan tangan dalam gerak dasar tari,cara mlatih gerakan tngan dalam latian gerak dasar tari,Cara melatih gerakan tangan dan gerakan dasar tari,bagaimana gerakan mata pada tari bali,Cara melatih gerakan tangan dalam gerakan dasar tari,cara melatih gerakan kepala dan leher sebagai latihan gerak dasar tari,cara gerakan tari pada kaki,bentuk tangan dalam tarian,Contoh tari gerak tangan,Definisi Gerakan mata,gerakan mata cepat maksudnya?,gerakan gerakan badan dalam tari driasmara,gerak tangan pada tarian,gerak tangan dan kaki saat menari,gerak mata melirik pada tari bali disebut tari

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Umum (9 of 91 articles)