Home » Umum » Gerakan Kaki dan Macam Macam Tari Pendet

Tari Pendet terbagi atas tiga jenis, yaitu tari pendet upacara, tari pendet penyambutan, dan tari pendet seni pertunjukan. Tari pendet upacara tergolong pada tari wali (religius), tari pendet penyambutan tergolong pada tari bebali (pengiring upacara) sedangkan tari pendet seni pertunjukan tergolong pada tari balih-balihan (tari sekular).

Tari Pendet Upacara

Tari Pendet Upacara adalah tari Pendet yang hanya boleh dipentaskan bila ada
upacara keagamaan yang berfungsi sebagai sarana upacara keagamaan tarian ini tidak boleh di pentaskan disembarang waktu dan tempat. Tarian ini hanya boleh dipentaskan di halaman pura pada waktu pelaksanaan upacara agama. Tarian ini khusus sebagai tari sajian dan penghormatan khusus kepada leluhur (betara-betari)

Tari Pendet Penyambutan

Tari Pendet Penyambutan adalah tari Pendet yang berfungsi sebagai penyambut tamu-tamu Agung atau tamu-tamu kenegaraan. Pelaksanaannya biasanya dilakukan di lapangan udara Ngurah Rai (Tuban) atau hotel-hotel sebagai upacara selamat datang.

Tari Pendet Seni Pertunjukan

Tari Pendet seni pertunjukan adalah tari Pendet yang biasanya dipentaskan pada bagian awal suatu seni pertunjukan. Tarian ini berfungsi sebagai tari upacara selamat datang kepada para penonton, serta sekalian mohon perlindungan Ida Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan Yang Mahaesa) agar pertunjukan yang diaksanakan itu dapat berjalan lancar dan sukses.

tari-pendet

Tari Pendet

Sikap dan Gerak Dasar Tari Pendet

Sikap dan gerak dasar tari Pendet mengacu pada sikap dan gerak umum tari Bali yang pernah anda pelajari, yaitu tangkep, agem, dan tandang. Adapun sikap dan geraknya adalah sebagai berikut.

Gerak kaki

  • Sikap berdiri. Mengambil sikap kaki kembang pada, bahu didatarkan, punggung dilengkungkan, dada ditekan ke depan sehingga kedua tulang belikat merapat, dan perut dikempiskan (dengan mengambil nafas perut secara berulang-ulang).
  • Tapak Sirang Dada. Paha dan betis direnggangkan, kedua kaki mengarah keluar (serong depan) dan tumit membentuk sudut. Denga menempatkan kaki yang tepat, maka akan mendapatkan sikap yang lebih tegas.
  • Ngeed (sikap jongkok menekuk). Membuka kedua paha dan betis, dengan sikap tegak lurus. Dengan menempatkan kaki seperti itu akan mendapatkan sikap yang baik pada paha, betis dan pinggul. Waktu ngeed yang bertekuk adalah lutut.
  • Membuka Agem. Letak kaki tapak sirang kemeudian dibuka satu tapak, baik yang kanan maupun yang kiri, sikap ini khusus untuk tari putri, serta kaki yang tidak menyangga jarinya ditarik ke atas (nyelekenting). Dengan sikap seperti itu, jika melakukan sikap agem kanan, maka kaki kanan dibelakang kaki kiri dan begitu sebaliknya.
  • Ngumbang (berjalan di tempat lambat). Mengangkat paha dan betis kanan dan kiri secara bergantian, dalam keadaan ngeed, dalam hitungan ajeg 1 sampai 8 (sesuai denga lagu pengiringnya). Pada hitungan ke empat, pangkal jari kaki yang akan diangkat diputar terlebih dahulu ke depan, kemudian diangkat, setelah itu ditaruh kembali pada posisi semula, pada hitungan ke-8 dan kaki membentuk tapak sirang kembali,
  • Ngumbang/milpil/malpal (berjalan cepat). Mengangkat paha dan betis kanan dan kiri secara bergantian, dalam keadaan ngeed, dalam hitungan ajeg 1 sampai 8 tiap satu ketuk atau hitungan kaki sudah membentuk kembang pada seperti sikap kaki semula. Maksudnya, berjalan lebih cepat daripada berjalan biasa.
  • Ngider (berputar). Sikap kaki dalam keadaan ngagem, kemudian kaki yang di belakang diangkat sedikit, lalu berputar ke arah kanan belakang, yang mana kaki yang di depan mengikuti kaki yang dibelakang sama-sama bergeser (nyeregseg) sampai 360o sehingga arah hadap kembali ke depan dalam keadaan sikap (agem) yang berlawanan.

Incoming search terms:

    gerakan tari pendet,gerak dasar tari pinggul,gerakan kaki tari pendet,gerakan-gerakan tari pendet,nama gerakan tari pendet,gerak dasar tari pendet,ragam gerak tari pendet,pola gerakan tari pendet,pola gerak tari pendet,pola gerakan tari pendet/,pengertian malpal,gerak dasar tari ( pinggul dan kaki ),seni tari kaki,sikap gerak dasar tari pendet,sikap kaki tari pendet,tari pendet jenis gerakan yang di pakai,urutan gerak tari,urutan gerak tari pendet,Nama gerak tari pendet,macam-macam pola lantai dalam gerak tari,gerak dasar tari (pinggul),gerak kaki tari pendet,gerak maknawi tari pendet,gerak tari pendet,gerakan di kaki daalm tari,gerakan kaki tari pendet bali,Gerakan kaki tarian pendet,gerakan yang terdapat pada tari pendet,macam macam gerak badan tari,macam macam tari pendet,macam-macam gerak tari bali,macam-macam gerakan tari pendet,urutan gerakan tari pedet

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Umum (15 of 96 articles)