Home » Umum » Tari Topeng Cirebon

Meskipun daerah Cirebon masih berada di wilayah Jawa Barat, baik secara administratif maupun geografis, tarian dari daerah Cirebon memiliki keunikan sendiri. Salah satu tari tunggal yang terkenal di Cirebon adalah tari topeng Cirebon. Tari topeng diciptakan oleh Sultan Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati. Ciri khas dari tari topeng Cirebon adalah gerakan tangan yang lemah lembut yang diiringi oleh alunan musik repelajaran dan kendang. Tarian topeng ini menggunakan busana dengan warna-warna yang menarik seperti kuning, hijau, dan merah.

Secara umum, tarian ini diawali dengan formasi membungkuk, yang bermakna
penghormatan terhadap penonton dan tanda bahwa tarian akan dimulai. Setelah itu, kaki penari akan melangkah ke depan  dan ke belakang (maju-mundur) dengan diringi rentangan tangan dan senyuman kepada penonton. Selanjutnya, penari membelakangi penonton dengan menggoyangkan pinggulnya sambil memakai topeng berwarna putih. Pemakaian topeng putih bermakna tari pendahuluan sudah dimulai.

Setelah tubuhnya bergerak berputar-putar, si penari kemudian membelakangi penonton sambil mengganti topeng yang berwarna putih dengan topeng yang berwarna biru. Proses yang sama terjadi pada penggantian topeng dengan warna
merah. Pada proses penggantian balik ini, alunan musik akan semakin keras. Terdapat beberapa bentuk tari topeng khusus yang terdapat di Cirebon. Berikut adalah contohnya.

Tari Topeng Klana

Topeng Klana tersebut berwarna merah, mata besar melotot, hidung besar, dan mulutnya agak terbuka sehingga giginya terlihat. Penutup kepala pada tari toprng klana disebut sobrah. Pada sobrah terdapat rawis-rawis, yaitu wol yang diuntai agak panjang. Rawis-rawis ini disimpan di samping kiri dan kanan sobrah.

Tari Ringkang Topeng

Tari Ringkang Topeng menggambarkan kehidupan manusia yang sering merupakan topeng-topeng yang penuh dengan segala macam polesan dan kepalsuan. Kehalusan, kejujuran, persaingan, kekuasaan serta ketamakan mewarnai karakteristik manusia itu. Namun akhirnya, kita akan kembali merenung siapakah  dan apakah kita ini (yang akan kembali kepada Sang Pencipta). Tari Ringkang Topeng merupakan tari kreasi baru yang penciptaannya diilhami Kupu Tarung dari  desa Slangit Cirebon. Iringan musiknya biasanya merupakan musik gamelan.

Incoming search terms:

    keunikan gerak tari topeng,cara menbuat topeng cirebon,gerak dan keunikan tari topeng,karakteristik topeng jawa barat

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Umum (33 of 96 articles)