Home » Pendidikan » Model Model Pembelajaran IPA (Sains) Terpadu

Model Model Pembelajaran IPA (Sains) Terpadu – Sebenarnya Pembelajaran IPA terpadu memiliki beberapa permasalahan. Permasalahannya adalah latar belakang atau dasar yang dimiliki guru IPA tidaklah mencakup beberapa unsur yang dalam pembelajaran itu sendiri. Misalnya Guru yang latar belakangnya dari lulusan biologi, akan kesulitan dan tidak menguasai materi materi fisika dan kimia, begitu juga sebaliknya. Meskipun telah lama ada jurusan sains, akan akan tetapi pada kenyataanya dilapangan kebanyakan guru IPA hanya memiliki satu latar belakang bidang studi. Nah, permasalahan ini membuat para guru harus bekerja keras dan belajar kembali.

pembelajaran-ipa-terpaduMeskipun pembelajaran IPA terpadu di kebanyakan sekolah menemukan permasalahan, akan tetapi sejak Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diberlakukan, pembelajaran IPA terpadu juga ikut diterapkan. Alasannya adalah karena pembelajaran IPA terpadu lebih menguntungkan para siswa, baik secara motivasional, psikologis dan secara sosio kultural.

Model model pembelajaran IPA terpadu menurut Fogarty (1991) ada 10 tipe pembelajaran IPA terpadu. Akan tetapi dengan beberapa alasan dan pertimbangan berbagai teknis penerapannya, maka Model pembelajaran IPA terpadu yang diterapkan adalah tiga macam. Model Model tersebut adalah:

  1. Tipe Keterpaduan (integrated)
  2. Tipe Jaring laba-laba (Webbed)
  3. Tipe Keterhubungan ( Connected)

Masing masing  Tipe  Model Model Pembelajaran IPA (Sains) Terpadu akan saya jelaskan pada artikel saya selanjutnya.

 

Incoming search terms:

    tipe keterpaduan pembelajaran sains,model keterpaduan pembelajaran sains terpadu,model-model pembelajaran sains,pendidikan sains terpadu,pengertian model keterpaduan pembelajaran sains

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (13 of 61 articles)