Home » Umum » Pengertian Dan Sejarah Batik

Batik merupakan kerajinan yang banyak kita temukan di berbagai daerah di indonesia, beberapa kota yang terkenal dengan kota batik adalah pekalongan, Jogja karta dan Pamekasan. Saat ini batik telah telah terdaftar sebagai warisan budaya di Unesco.

Dari segi Istilah kata batik berasal dari bahasa Jawa  yaitu dari kata amba dan titik. Kata amba memiliki artik menulis, sedangkan kata titik tetap dengan arti kata titik.

Dari segi Istilah Batik memiliki arti kain yang bergambar yang dibuat dengan tehnik tertentu sehingga  menghasilkan motif  tertentu pula.

Gambar yang terdapat pada batik memiliki makna dan filosofi tersendiri, biasanya menggambarkan tentang kehidupan masyarakat dimana batik itu dibuat.

Perkembangan dan keberadaan batik hingga saat ini, juga tidak bisa lepas dari sejarah. Kebiasaan membatik telah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Meski demikian, awal sejarah batik kebiasaan membatik tidaklah cukup jelas dan hanya bersifat dugaan. Ada yang menduga bahwa batik berasal dari Sumeria. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa batik berasal dari negara jepang.

Pengenalan bati di negara Indonesia berlangsung dengan proses asimilasi antara kebudayaan yang datang dari Cina dan india dengan penduduk asli indonesia.

Pada awalnya batik dikenal di Indonesia pada zama kerajaan majapahit yaitu pada abad ke 17. dan terus berkembang pada kerajaan berikutnya.

Pada abad ke 18 batik terus mengalami perkembangan dan telah menjadi kerajinan bagi rakyat terutama di daerah jawa. Namun hingga pada abad ke 19 hanya tertbatas pada kerajinan batik tulis. Sedangkan Batik Cap baru dikenal pada abad 20an.

Pada mulanya batik digunakan untuk pakaian dengan desain yang sangat sederhana seperti pada baju biasa, dan digunakan hanya oleh beberapa kalangan. Tapi sekarang batik sudah dirancang dengan desain dan beragam dan telah banyak digunakan oleh masyarakat biasa di nusantara bahkan sekarang batik sudah menjadi bahan import.

Incoming search terms:

    pengertian kerajinan batik,pengertian kerajinan membatik,apa yang dimaksud kerajinan membatik?,kerajinan membatik,pengertian batik,pengertian batik nusantara

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Umum (41 of 96 articles)