Home » Pendidikan » Pengertian Sosiologi

Pengertian (definisi) SosiologiDari segi etimologi, sosiologi adalah berasal dari kata “sosio” atau society yang beramakna masyarakat dan “logi” atau “logos” yang artinya ilmu. Jadi, sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat atau ilmu tentang kehidupan masyarakat.

Manusia memiliki keunikan tersendiri yang masing-masing individu memiliki penampilan fisik, karakter juga keinginan yang berbeda. Perilaku manusia bersifat individual, sosial, lahir dan batin. Menurut pandangan lama sosiologi merupakan seluruh tata tenurut pandangan lama sosiologi merupakan seluruh tata tertib kehidupan mausia yag manusiawi, abadi, tak terubahkan dan ahistoris.

Menurut Selo Sumarjan (1980:5) sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk di dalamnya perubahan-perubahan sosial. Ritzer (dalam Faruk, 1994:2) menganggap sosiologi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang multiparadigma. Ada tiga paradigma yang Ritzer temukan ialah paradigma fakta-fakta sosial, paradigma definisi sosial dan paradigma perilaku sosial.

Secara singkat sosiologi dapat dijelaskan bahwa sosiologi adalah telaah yang objektif dan ilmiah tentang manusia dalam masyarakat; telaah tentang lembaga dan proses sosial. Sosiologi mencoba mencari tahu bagaimana masyarakat dimungkinkan, bagaimana ia berlangsung dan bagaimana tetap ada.

Sumber: makalah sosiologi sastra

Incoming search terms:

    pengertian dari sosiologi,pengertian defenisi sosiologi dari para ahli,definisi sosiologi menurut para ahli,definisi sosiologu menurut etimologi bahasa,makalah sosiologi,pengertian definisi sosiologi yang ber beda,pengertian sosiologi menurut asal kata(etimologi),secara etimologi sosiologi adalah ilmu,{searchTerms}sosiologi

Related Posts :

Comments

comments

One Response to “Pengertian Sosiologi”

  1. oh gitu ya mas syafir !
    makasih ya sharenya share anda jadi ilmu buat saya ,
    semoga bisa bermanfaat buat saya!

    Reply
More in Pendidikan (14 of 61 articles)