Home » Kesehatan » Flu Babi (Swine Flu)

Flu babi  adalah penyakit yang menyerang babi. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh salah satu dari banyak virus Influenza A . Sekitar 1% sampai 4% dari babi yang terserang  penyakit flu babi mati karenanya. Penyakit ini dapat menular dari babi, baik dengan kontak langsung atau tidak langsung tanpa menimbulkan gejala. Definisi, Gejala, Penyebab, pencegahan dan Cara mengatasi (mengobati) flu babi

Penamaan jenis penyakit ini dianggap salah oleh berbagai kalangan, karena telah membuat salah tafsir masyarakat – bahwa babi dapat menularkan penyakit ini kepada manusia. Untuk itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengganti nama penyakit ini dengan Influensa A (H1N1) mulai 30 April 2009 lalu.

Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.

Flu babi disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi.

Gejala flu babi sama halnya dengan flu biasa, termasuk demam yang sangat tinggi, batuk, ingusan, sakit tenggorokan, muntah, deare, nyeri tubuh, sakit kepala, menggigil dan kelelahan.

Flu Babi jika segera cepat ditangani dapat disembuhkan. Biasanya obat yang digunakan adalah Tamiflu.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar kita terhidar dari  penularan virus yang dapat menyebabkan flu babi ini ialah dengan melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Menutupi hidung dan mulut dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin.
  • Cuci tangan Anda sering dengan sabun dan air, terutama setelah Anda batuk atau bersin.
  • Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut.
  • Hindari kontak dengan orang yang menderita penyakit ini (detikcom, image: stuff.co.nz)

Incoming search terms:

    pengertian penyakit virus african swine fever

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Kesehatan (86 of 188 articles)