Emfisema

Emfisema Merupakan gangguan atau penyakit yang menyerang paru-paru yang membuat seseorang merasa sulit untuk melakukan pernafasan. Emfisema merupakan jenis penyakit  paru obstruktif kronik yang melibatkan kerusakan pada gelembung gelembung udara (alveolus) di dalam paru-paru. yang menyebabkan tubuh orang yang menderita penyakit ini  tidak lagi mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Emfisema dapat terjadi saat gelembung udara di dalam paru-paru  sedikit demi sedikit mengalami kerusakan yang  mengakibatkan orang yang terserang penyakit ini  akan bertambah sulit ketika ia ingin bernafas. Penderita biasanya akan mengalami batuk kronis dan sesak napas.

Apa Yang menyebabkan terjadinya Emfisema??

Kebiasaan merokok disebut sebut sebagai penyebab paling umum yang mengakibatkan gangguan ini. Bagi seorang perokok, berhenti dari kebiasaanya merupakan solusi yang membantu mencegah dari terkena penyakit ini. Jika Anda telah terserang penyakit  emfisema, berhenti merokok merupakan hal yang sangat baik bahkan harus dilakukan agar tidak memperburuk kondisi. Pengobatan yang dilakukan biasanya tergantung pada berat atau ringannya gejala yang terlihat. Perawatan termasuk pemberian inhaler, pemberihan oksigen, serta obat-obatan dan kadang-kadang operasi diambil untuk meredakan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Apa saja gejalanya??

Seorang penderita bisa saja sudah terserang penyakit emfisema sejak lama selama bertahun-tahun tanpa adanya tanda-tanda atau gejala. Gejala yang  utama dari emfisema adalah sesak napas, dan hal ini biasanya terjadi secara bertahap. Kita bisa mulai menghindari hal hal yang mengakibatkan nafas kita menjadi sesak, sehingga gejala tidak menjadi masalah dan   mengganggu aktifitas kita sehari hari. Selain sesak nafas, gejala emfisema yang dapat timbul antara lain yaitu, Sesak napas, Mengi, Sesak dada, Mengurangi kapasitas untuk kegiatan fisik,  Batuk kronis, Kehilangan nafsu makan dan berat, Kelelahan.

Bagaimana Pengobatannya??

Apa bila seseorang sudah terserang penyakit emfisema, jalan pengobatan yang bisa ditempuh untuk mencegah perkembangan dan untuk melindungi diri dari komplikasi:

  • Berhenti merokok. Berhenti dari kebiaasan merokok merupakan yang  paling penting yang dapat diambil untuk kesehatan penderita  secara keseluruhan untuk mencegah perkembangan emfisema. Jika perlu, Bergabunglah dengan kelompok orang bukan perokok sehinggar anda benar benar bisa terhindar menghentikan kebiasaan menghisap rokok.
  • Hindari iritasi pernapasan. Penting juga bagi kita untuk terhindar dari hal yang menyebabkan iritasi pernafasan  termasuk asap dari knalpot cat dan mobil,  bau masakan, bau parfum tertentu, bahkan membakar lilin dan kemenyanpun juga harus kita dihindari.
  • Berolahraga secara teratur. Sudah merupakan pengetahuan umum bagi kita, bahwa dengan dengan berolahraga dapat meneyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk juga penyakit emfisema. Penderita dapat meminimalisir penyakit emfisema dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur, dengan menjalani olahraga penderita dapat menambah kapasitas volum paru paru yang tentunya akan membantu pernafasan kita lebih lega.
  • Melindungi diri dari udara dingin. Udara dingin dapat mengakibatkan kejang pada saluran bronkial yang  membuat penderia lebih sulit dalam melakukan pernafasan. (diambil dari berbagai sumber)

Incoming search terms:

    gejala emfisema,penyakit emfisema,emfisema,penyebab emfisema,cara mencegah emfisema,penyebab emphysema,penyebab penyakit emfisema,Cara mengatasi penyakit emfisema,Penyebab penyakit emphysema,ciri-ciri penyakit emfisema,gejala penyakit asfiksi,Komponen udara respirasi apa saja yang mengalami peningkatan pada penyakit emfisema?,pengertian penyakit emphysema pulmonum,penyakit enfisema,pencegahan penyakit asfiksi,penyembuhan asfiksi,ciri-ciri penyakit asfiksi,komponen udara respirasi emfisema,komponen udara respirasi apa saja yang mengalami peningkatan pada emfimesma,komponen udara respirasi apa saja yang mengalami peningkatan,jelaskan penyebab terjadinya penyakit emfisema,tanda kelainan emphysema,wikipedia penyakit emfisema,mengatasi emphysema,pencegahan emfisema,pencegahan penyakit emfisema,pengertian penyakit emfisema,pengobatan asfiksi,penyakit emfiema,penyakit empisema,faktor penyebab emfisema,cara mencegah penyakit emphysema pulmonum,apa penyebab terjadinya emfisema?,cara mengobati emfisema,cara mengobati asfiksi,cara mengatasi copd,Apa enfisema,aps itu penyakit emphysema,arti kata emphysematous,penyakit emfisima,penyebab penyakit asfiksi dan cara menghindarinya,cara mencegah emphysema,Mengatasi empisema,pengrtian emphysema wikipidonia indonesia,pengobatan umum asfiksi,pengobatan dan pencegahan asfiksi,penyeb penyakit emfisema,penyebab asfiksi,penyebab ciri-ciri dan cara mengatasi enfisema,tanda dan gejala empisema paru

Related Posts :

  • Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru karena ada zat di dalam tembakau yang diketahui dapat ...

  • Kanker paru-paru merupakan kanker yang tumbuh di  paru-paru. Lebih dari 220.000 orang Amerika di ...

  • Apa itu Penyakit asma?. Penyakit asma dalam bahasa inggrisnya adalah asthma yaitu sebuah penyaki ...

  • Semakin dini  gejala kanker diketahui, semakin mudah penderita untuk dirawat dan semakin besar k ...

  • Kanker ovarium adalah jenis kanker yang terjadi ketika sel sel pada organ ovarium seorang wanita ...

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Kesehatan (86 of 187 articles)