Penyakit Malaria

Malaria merupakan penyakit akibat gigitan nyamuk malaria. Dalam Nyamuk tersebut terkandung parasit disebut plasmodium yang menginfeksi  dan kemudian menyerang sel darah merah.

Malaria disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Dalam tubuh manusia, parasit berkembang biak dalam hati, dan kemudian menginfeksi sel darah merah. Sampai saat ini ada empat jenis plasmodium yang mampu menginfeksi manusia yaitu plasmodium vivax, plasmodium malariae, plasmodium ovale dan plasmodium falciparum. Plasmodium falciparum merupakan yang paling berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

Malaria merupakan masalah serius terutama di Afrika, di mana satu dari setiap lima (20%) kematian anak disebabkan oleh efek dari penyakit. Seorang anak Afrika memiliki rata-rata antara 1,6 dan 5,4 episode demam malaria setiap tahun. Dan setiap 30 detik seorang anak meninggal akibat malaria.

Gejala yang terlihat pada orang terserang penyakit  malaria diantaranya adalah  termasuk demam, sakit kepala, dan muntah-muntah. Gejala ini biasanya muncul antara 10 dan 15 hari setelah gigitan nyamuk. Jika tidak diobati, malaria dapat dengan cepat mengancam jiwa dengan menggangu aliran  darah ke organ vital.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengobati penyakit malaria. Beberapa hal tersebuat antara lain kondisi klinis penderita, letak geografis dan jenis plasmodium yang menginfeksi.

Malaria ringan dapat diberikan obat oral. Sedangkan malaria berat yang mempunyai gejala klinis perdarahan harus di observasi di rumah sakit dengan pengobatan intra vena.

Upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya penyakit malaria ini sangat sederhana. Yaitu dengan menghindari gigitan nyamuk, yang bisa kita lakukan dengan cara menggunakan obat nyamuk, tidur dengan berselimut atau di bawa kelambu dan lain sebagainya.

Source: diambil dari berbagai sumber

Incoming search terms:

    cara mengatasi malaria,nama penyakit gejala cara mengatasi,PENYEBAB PENYAKIT MALARIA,cara pencegahan malaria vivax,cara menanganani malaria,penyakit malaria dan gejala,penjelasan penyebab cara mengatasi penyakt dbdit,langkah pengawalan malaria,cara penularan dan pencegahan penyakit malaria,cara ngilangin sakit kepala karena malaria,cara menghilangkan sakit kepala saat pilek dan malaria,cara menghilangkan malaria sl,cara mengatasi malaria fasiparum,skema penularan penyakit malaria

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Kesehatan (87 of 187 articles)