Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Kemandulan

Penyebab, Gejala dan cara mengatasi kemandulanDalam sebuah keluarga memiliki buah hati merupakan hal yang sangat didambakan. Tak jarang jika pasangan suami istri yang sudah lama menjalin kasih namun juga belum memiliki buah hati terkadang berujung pada perceraian. Mandul atau sering juga disebut dengan istilah  infertilitas merupakan gangguan bagi pasangan suami istridimana dengan adanya gangguan tersebut pasangan tersebut tidak dapat menghasilakan keturunan. Pada umumnya mandul hanya dikaitkan pada seorang wanita. Padahal pada kenyataanya tidaklah demikian, seorang pria pun juga akan mengalami kemandulan apa bila tidak memenuhi persyaratan.  Ada sejumlah persyaratan agar pasangan bisa menghasilkan keturunan. Persyaratan tersebut meliputi:

  • perempuan menghasilkan telur
  • laki-laki menghasilkan sprema berkualitas
  • ada pembuahan sel sperma kepada sel telur
  • telur yang dibuahi menempel pada rahim bagian dalam.

Beberapa persyatan tersebut merupakan persyaratan dari kedua pasangan, apa bila persyaratan tersebut tidak terpenuhi oleh masing masing pasangan, maka kemungkinan besar pasangan tersebut tidak akan menghasilkan keturunan.

Penyebab Kemandulan

Penyebab kemandulan pada pria dan wanita tidaklah sama. Pada perempuan kemandulan biosa disebabkan oleh kelainan pada rahim, usia, stress, kurang gizi, rokok, alkohol, atau penyakit menular seks. Pria yang suka minum alkohol, mengkonsumsi narkoba, perokok, hidup di lingkungan polusi udara yang tinggi, usia lanjut, berpotensi untuk mandul.

Gejala Kemandulan

Untuk mengetahui apakah pasangan itu mandul caranya sangat mudah. Apa bila seorang wanita tidak bisa hamil meskipun kedua pasangan telah berusaha  melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi apa pun. Jika yang terjadi hal yang demikian maka salah satu pasangan kemungkinan mengalami kemandulan meskipun tidak menutup kemungkinan keduanya mengalami kemandulan.

Cara Mengatasi  Kemandulan

Tingkatkan potensi untuk hamil dengan melakukan intercouse tiap 3 hari sekali dalam seminggu supaya kemungkinan ovulasi juga tinggi. Ovulasi terjadi dalam 2 minggu sebelum dan sesudah periode kesuburan dimulai. Jika periode kesuburan 28 hari, sebaiknya intercouse dilakukan tiap tiga hari antara 7 sampai 18 hari masa kesuburan.

Pengobatan tergantung pada penyebab infertilitas. Oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter kandunga. (Sumber:detikcom, singingthroughtherain.net)

Incoming search terms:

    cara mengatasi kemandulan,apakah punca kemandulan dan cara mengatasi,mengobati gejala kemandulan,mengetahui gejala mandul dan pengobatannya,gejala2 kemandulan,ciri2 wanita mandul,cara meyelesaika kemandulan suami,cara menyembuhkan kemandulan pada suami,cara - cara mengatasi kemandulan,bagaimana cara menyembuhkan kemandulan,penyebab kemandulan dan cara mengatasinya

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Kesehatan (89 of 187 articles)