Home » Kesehatan » Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan!

Manfaat jagung untuk kesehatanInilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan – Jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, Salah satu di antaranya adalah jagung sangt baik dalam mengontrol penyakit diabetes. Selain itu, manfaat lain dari jagung antara lain adalah jagung bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung, menurunkan hipertensi dan pencegahan cacat tabung saraf-saat lahir. Jagung  adalah salah satu dari sereal paling populer di dunia dan merupakan  kebutuhan pangan  pokok di banyak negara termasuk indonesia dan bahkan Amerika Serikat. tidak hanya memberikan kalori yang diperlukan untuk metabolisme sehari-hari, tetapi jagung  merupakan sumber yang kaya vitamin A, B, E dan mengandung  banyak mineral . Kandungan serat yang  tinggi dalam jagung membuatnya sangat bermanfaat untuk mencegah  penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir serta kanker kolorektal . Antioksidan hadir di jagung juga bertindak sebagai agen anti-kanker dan mencegah Alzheimer’s.

Nutrisi dalam jagung memang benar benar menjanjikan untuk kesehatan kita, ada banyak manfaat jika kita mengkonsumsi jagung.  Berikut ini adalah manfaat manfaat jagung untuk kesehatan.

Jagung Sebagai Sumber Kalori

Jagung memiliki banyak kandungan kalori yang sangat tinggi yang bisa dibakar oleh tubuh kita. Dalam 100 g  Jagung mengandung 342 kalori. Bahkan jagung merupakan makanan sereal yang memiliki kalori yang tertinggi dibanding dengan makanan sereal lainnya. Sehingga jagung merupakan makanan yang sangat cocok kita konsumsi jika kita ingin menambah berat badan.

Jagung Sebagai Pencegah Kanker Usus dan Wasir

Jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dalam satu cangkir jagung terkandung 18,4%  serat dari serat yang kita butuhkan dalam sehari. Dengan memenuhi kebutuhan akan serat, hal tersebut mampu membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada pencernaan seperti penyakit sembelit dan wasir, serta mampu menurunkan resiko kanker usus besar.

Jagung Sebagai Sumber Vitamin

Jagung kaya akan vitamin B konstituen, terutama Thiamin dan Niasin . Thiamin bermanfaat dalam  menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin menyebabkan Pellagra, yaitu sebuah penyakit yang ditandai dengan diare, demensia, dermatitis dan umumnya terjadi pada orang kekurangan gizi. Defisiensi asam folat pada wanita hamil menyebabkan kelahiran bayi berat badan dan juga dapat mengakibatkan cacat  saraf pada saat lahir. Jagung menyediakan potongan besar dari kebutuhan folat sehari-hari. Jagung kuning merupakan sumber yang kaya beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk pemeliharaan  kulit.

Jagung Sebagai Sumber Mineral

Jagung memiliki banyak jenis mineral seperti fosfor,  magnesium , mangan , seng , besi, tembaga dan selenium. Fosfor sangat penting bagi pemeliharaan pertumbuhan dan  kesehatan tulang, serta menjaga fungsi ginjal agar tetap normal. Semaentara itu, Magnesium diperlukan untuk mempertahankan denyut jantung agar teta normal dan untuk menjaga kekuatan kekuatan tulang.

Jagung Sebagai antioksidan

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Cornell University,  diketahui bawa jagung merupakan sumber yang kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Bahkan, memasak meningkatkan antioksidan dalam jagung manis. Jagung merupakan sumber yang kaya senyawa fenolik asam ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati.

Jagung Sebagai Pencegah Animia

Jagung bermanfaat dalam terjadinya animia atau kurang darah, karena jagung memiliki kandungan vitamin B12.

Jagung Mampu Menurunkan Kolesterol LDL

Menurut Journal of Nutritional Biochemistry, Dengan mengkonsumsi minyak jagung bisa  menurunkan kolesterol LDL plasma dengan mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh.

Jagung Memberikan Perlindungan Dari Serangan Diabetes dan Hipertensi

Mengkonsumsi jagung dapat  membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif dalam melawan penyakit  hipertensi karena adanya phytochemical fenolik yang terkandung dalam jagung.

Itulah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan. Sayangnya meskipun jagung sangat manfaat, sangat sedikit orang indonesia yang mengkonsumsi jagung. Orang madura yang dulunya menjadikan nasi jagung sebagai makanan pokok, justru saat ini sudah tidak mengkonsumsi jagung lagi. Dan meskipun ada, itu hanya sebagian kecil saja. Jika anda adalah salah seorang yang juga jarang atau tidak penah mengkonsumsi sama sekali, di sini saya sarankan agar mengkonsumsi jagung. Jagung dapat dicampur dengan beras dan dimasak sebagai nasi.

Incoming search terms:

    manfaat nasi jagung,manfaat jagung,manfaat beras jagung,khasiat nasi jagung,Khasiat Jagung,manfaat jagung untuk kesehatan,JAGUNGl adalah yang bisa di copy,manfaat makan jagung,manfaat jagung godog,Apakah manfaat minyak jagung ?,khasiat jagung untuk ibu hamil,kelebihan jagung dari nasi,kebanyakan makan jagung rebus,kasiat nasi jagung,jagung godok,manfaat sereal jagung

Related Posts :

Comments

comments

12 Responses to “Inilah Manfaat Jagung Untuk Kesehatan!”

  1. Ahmad Sofyan January 19, 2012

    Wah, info tentang jagungnya komplit bianget. Kira-kira boleh nggak saya copy paste, soalnya saya berencana mau jualan bubur jagung dan info jagung tersebut mau saya jadikan brosur. Mudah-mudahn boleh dan semoga kebaikannya di balas Allah yang Maha Pemurah.

    Reply
  2. Ahmad Sofyan January 19, 2012

    Mas Syafiruddin mudah-mudah berkenan segera menjawab permintaan copy paste artikel jagungnya. Bagi saya artikel jagung itu sesuatu yang sangat berharga dan bukan masalah yang sederhana. Semoga Allah berkenan menambahkan keluasan ilmu untuk Mas Syafir dan bermanfaat bagi orang lain.

    Reply
  3. yunan jo February 6, 2012

    cucoooookkk boggggggggg

    Reply
  4. thanks yach, Q juga senang makan jagung, selain manis juga mengandung banyak vitamin dan menjaga kesehatan
    silahkan kunjungi website kami di http://unsri.ac.id terima kasih….

    Reply
  5. miss.rifa March 21, 2012

    waaaah sieep buanget tuuuhhh bos,,,jd tambah semangat to mengkonsumsi nasi jagung_thankz ilmunya. GBU

    Reply
  6. Thanks ya atas uraiannya. Jagung telah menjadi menu sarapan saya setiap hari sejak beberapa bulan terakhir ini, karena memang pada dasarnya saya sangat suka makan jagung. Seorang ibu berkomentar bahwa saya seperti ayam yang suka makan jagung. hahaha ……

    Reply
  7. wah bagus banget artikelnya..soalnya gua rencana jualan nasi jagung kemasan…doanya ya..moga lancar jaya.TERIMA KASIH KANG.

    Reply
  8. bagus tou,, klo bisa lbih banyak dah makanan yang terbuat dari jagung, trim’s

    Reply
  9. supariyo June 24, 2012

    CV.KARYA INSAN MANDIRI sebagai produsen nasi jagung instan MANGLI agar konsumen mudah untuk merasakan nasi jagung yg kaya vitamin dan rendah kalori.hub02935562254

    Reply
  10. YANTO,ST July 10, 2012

    oh ya mas,klo gitu bisa di bisnis kan agar kesehatan masyarakat terjaga dan terbiasa menkonsumsi makanan jagng.tq

    Reply
  11. makasih banget info nya .. akhirnya saya tahu bahwa jagung itu sangat sehat. awal nya saya tidak menyukai jagung tapi saat membaca ini. saya pun mulai mencoba untuk menyukai jagung .. ^^

    Reply
  12. Yulli Yana Mk August 10, 2012

    aku suka sekali makan jagung :D

    Reply
More in Kesehatan (93 of 188 articles)