Home » Kesehatan » Inilah Macam Macam Nutrisi Yang Kita Butuhkan!!

Macam macam nutrisiNutrisi adalah zat dalam makanan yang menyediakan energi, membantu   “membakar” nutrisi lain menjadi energi bagi tubuh kita,  dan  memperbaiki jaringan. Berbagai jenis nutrisi  ialah Protein, Karbohidrat, Lemak, Vitamin, Mineral dan Air.

Protein

Protein merupakan bagian penting dari tulang, otot, dan kulit. Bahkan dalam setiap sel dalam tubuh kita terdapat protein . Protein mempunyai banya fungsi, antara lain adalah membantu memecah nutrisi  untuk menjadi energi, sebagai struktur bangunan dalam tubuh, dan menghancurkan  racun.

Protein terdiri dari blok bangunan yang disebut asam amino. Tubuh kita  dapat memproduksi beberapa  asam amino. Protein yang kita  peroleh dari daging dan produk hewani lainnya mengandung semua asam amino yang kita butuhkan. Protein dari daging dan produk hewani yang lain juga disebut  sebagai protein lengkap. Berbeda dengan dengan protein Nabati yang tidak mengandung semua asam amino yang kita butuhkan, untuk melengkapi asam amino yang kita butuhkan kita perlu mengkonsumsi beberapa makanan nabati agar kita memperoleh asam amino yang lengkap yang kita butuhkan.

Beberapa Sumber protein yang sangat baik baik antara lain meliputi, Ikan,  kerang, Daging unggas, Daging merah (sapi, babi, domba), Telur, Kacang-kacangan, Selai kacang, Biji bijian Produk dari kedelai (tahu, tempe, burger vegetarian), Susu dan produk terbuat dari susu (keju, keju cottage, yoghurt)

Karbohidrat

Makanan yang kita  makan mengandung berbagai jenis karbohidrat. Dari jenis jenis karbohidrat ada yang lebih baik untuk kesehatan kita dibanding jenis karbohidrat yang lainnya.  Jenis jenis kabohidrat antara lain adalah:

  • Gula. Gula  secara alami dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan  susu. Makanan seperti kue dan biskuit memiliki pemanis buatan atau juga disebut dengan gula tambahan. Gula yang kita dapatkan secata alami maupun yang didapat dari gula tambahan  Semuanya dapat diubah menjadi glukosa, atau zat  gula darah. Sel-sel kita membakar glukosa dan menjadikan energi.
  • Zat tepung. Zat tepung  di  dalam tubuh kita dipecah menjadi gula. Zat tepung dapat ditemukan dalam sayuran tertentu, seperti kentang, buncis, kacang polong, dan jagung. Ia juga ditemukan dalam roti, sereal, dan biji-bijian.
  • Serat . Serat  adalah karbohidrat yang yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita.  Serat  melewati tubuh kita  tanpa dipecah menjadi gula. Meskipun tubuh kita tidak mendapatkan energi dari serat, kita masih perlu mengkonsumsi  serat untuk tetap sehat. Serat membantu menyingkirkan lemak berlebih dalam usus, yang membantu mencegah penyakit jantung. Serat juga membantu mendorong makanan melalui usus, yang membantu mencegah sembelit. Makanan tinggi serat ialahbuah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang polong, biji-bijian, dan gandum makanan (seperti roti gandum, oatmeal, dan beras merah).

Meskipun tubuh kita memerlukan glukosa, akan tetapi kita perlu menjaganya agar tetap seimbang. Jika kadar glukosa dalam darah tinggi dalam rentan waktu yang lama, maka kita berpotensi untuk terserang penyakit diabetes  tipe 2 . Untuk menjaga glukosa darah, kita perlu  membatasi makanan dengan gula tambahan. Kita dapat mengetahui apakah sebuah  makanan telah menambahkan  gula dengan melihat daftar bahan bahan pada kemasan makanan tersebut. Carilah istilah-istilah seperti, Jagung, Dekstrosa, Fruktosa, Glukosa, Laktosa, Maltosa, Sukrosa, Madu, Gula,Gula merah, dan Sirup.

Sebaiknya kita mengkonsumsi karbohidrat yang sehat dan alami. Karbohidrat yang sehat antara lain adalah Zat gula alami buah-buahan, sayuran, susu, dan produk susu,Serat dan Zat tepung dalam makanan gandum, buncis, kacang polong, dan jagung

Lemak

Agar tubuh kita tetap stabil, tubuh kita juga membutuhkan Lemak. Lemak memiliki fungsi antara lain sebagai sumber energi, memproduksi zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh, serta membantu tubuh menyerap vitamin tertentu dari makanan. Tidak semua makanan berlemak baik untuk kesehatan kita. Lemak yang baik untuk kita konsumsi adalah lemak tak jenuh tunggal ( monounsaturated ) dan lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated). Dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh kita dapat meminimalisir akan terserang penyakit jantung.  Beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal antara lain adalah, Minyak zaitun, Minyak kacang, Minyak canola,  dan  Alpukat. Dan beberapa makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh jamak tinggi antara lain adalah minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak kedelai.

Jenis lemak yang kurang baik untuk kesehatan kita  adalah lemak jenuh dan trans yang  dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan menyebabkan penumpukan zat lemak dalam arteri yang dapat menghambat aliran  darah  yang kaya oksigen ke jantung kita. Lemak ini juga dapat meningkatkan risiko stroke dengan menyebabkan penumpukan zat lemak yang sama dalam arteri yang menjadi saluran aliran darah  ke otak kita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi banyak lemak trans dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi  antara lain Daging merah (sapi, babi, domba), Daging unggas, Mentega, Susu, Minyak kelapa, Minyak kelapa sawit. Sedangkan lemak trans dapat kita jumpai pada beberapa makanan yang digoreng seperti seperti kerupuk, donat, dan dan kentang goreng.

Sama halnya dengan lemak jenuh dan lemak trans. Kolesterol juga kurang baik bagi kesehatan kita, yang juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Kolesterol juga dapat kita temukan daging merah (sapi, babi, domba) dan daging unggas.

Meskipun lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak baik untuk kesehatan kita, namun kita tetap teratur dalam mengkonsumsi lemak tersebut. Karena jika lemak terus bertambah maka tubuh kita akan mengalami kegemukan yang dapat beresiko terserang penyakit lain seperti diabetes dan obesitas.

Vitamin

Vitamin adalah zat yang ditemukan dalam makanan yang dibutuhkan tubuh kita  untuk pertumbuhan dan kesehatan. Ada 13 vitamin yang dibutuhkan tubuh kita . Masing masing vitamin memiliki fungsi tersendiri. Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Vitamin A. Vitamin A berfungsi melindungi tubuh kita dari beberapa infeksi, serta membantu menjaga kulit kita agar tetap sehat. Vitamin A dapat kita temukan pada makanan seperti brokoli, bayam, wortel, labu, ubi jalar, hati, telur, susu, krim, dan keju.

Vitamin B1. Vitamin B1 berfungsi membantu tubuh kita dalam mencerna karbohidrat serta baik dalam menjaga sistem saraf. Vitamin B1 dapat kita temukan pada makanan seperti hati, kacang, sereal, roti, dan susu.

Vitamin B2. Vitamin B2 baik dalam  menjaga kesehatan kulit kita. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin B2, kita bisa mengkonsumsi Hati, telur, keju, susu, makanan hijau , kacang polong, dan gandum.

Vitamin B3. Vitamin B3 berfungsi membantu tubuh kita dalam menggunakan protein, lemak dan karbohidrat. Selain itu Vitamin B3 juga baik dalam menjaga sistem sarafdan kulit kita. Vitamin B3 dapat kita temukan dalam makanan antara lain Hati, ragi, kacang, daging, ikan, dan unggas.

Vitamin B5. Vitamin b5 membantu dalam proses penggunaan karbohidrat dan lemak dan membantu dalam produksi sel darah merah. Vitamin ini dapat kita temukan dalam daging sapi, ayam, lobster, susu, telur, kacang, kacang polong, brokoli, ragi, dan biji-bijian.

Vitamin B6. Vitamin B6 berfungsi membantu tubuh kita dalam menggunakan protein dan lemak dan membantu dalam proses transportasi oksigen serta sangat baik untuk kesehatan saraf kita. Vitamin ini terkandung dalam  Hati, biji-bijian, kuning telur, kacang, pisang, wortel, dan ragi.

Vitamin B 9 (asam folat).  Vitamin b9 membantu dalam produksi sel  baru dan memeliharanya, serta dapat mencegah cacat lahir. Makanan hijau, hati, ragi, kacang, kacang polong, jeruk, sereal dan  gandum mengandung vitamin jenis ini.

Vitamin B12. Vitamin B12 dapat membantu dalam produksi sel darah merah dan sangat baik untuk kesehatan saraf.  Vitamin B12 dapat kita temukan pada Susu, telur, hati, unggas, kerang, sarden, dan telur.

Vitamin C. Vitamin C bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, kulit dan pembuluh darah. Makanan yang mengandung Vitamin C antara lain jeruk,  tomat, kentang, pepaya, stroberi, dan kubis.

Vitamin D. Vitamin D sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita cukup berjemur atau terkena sinar matahari selama 5- 30 menit minimal 2 kali dalam seminggu. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi makanan antara lain  seperti Hati dan Susu.

Vitamin E. Vitamin E dapat memelihara sel tubuh kita dari kerusakan, memperlancar aliran darah, serta mampu memperbaiki jaringan tubuh. Makanan yang mengandung Vitamin E antara lain kuning telur, hati sapi, ikan, susu, brokoli, dan bayam.

Vitamin H (Biotin). Vitamin H dapat membantu tubuh dalam  menggunakan karbohidrat dan lemak serta membantu dalam pertumbuhan sel.  Kita dapat menemukan Vitamin H dalam Hati, kuning telur, tepung kedelai, sereal, ragi, kacang polong, buncis, kacang, tomat, dan susu.

Vitamin K. Vitamin K membantu dalam proses pembekuan darah dan pembentukan tulang. bayam, kubis, keju, bayam, brokoli,  kubis, dan  tomat. Selain itu, tubuh kita juga memproduksi vitamin K.

Mineral

Sama halnya dengan   vitamin, mineral adalah zat yang ditemukan dalam makanan yang dibutuhkan tubuh kita  untuk pertumbuhan dan kesehatan. Ada dua jenis mineral: macrominerals dan jejak mineral. Macrominerals adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang lebih besar, yaitu  kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, dan klorida. Sedangkan jejak mineral terdiri dari  besi, tembaga, yodium, seng, fluorida, dan selenium.

Kalsium. Kalsium membantu dalam pembentukan tulang dan gigi serta membantu menjalankan fungsi otot dan saraf. Kalsium terkandung dalam ikan Salmon, sarden, susu, keju, yoghurt, kubis Cina, kangkung, lobak, sawi, brokoli, dan jeruk.

Khlorida. Klorida berfungsi menjaga keseimbangan kadar air di seluruh tubuh kita. Klorida terkandung dalam Garam, rumput laut, gandum, tomat, selada, seledri, buah zaitun, sarden, daging sapi,  dan keju.

Tembaga. Tembaga membantu melindungi sel dari kerusakan dan juga  untuk membentuk tulang dan sel darah merah. Tembaga dapat ditemukan dalam kerang (terutama tiram), coklat, jamur, kacang, dan  gandum.

Fluoride. Floride berfungsi memperkuak tulang dan gigi. Kopi dan dan teh merupakan makanan yang mengandung flouride.

Yodium. Youdium membantu menjalankan fungsi kelenjar  tiroid.  Tiroid terkandung dalam Seafood, dan garam beryodium.

Zat Besi. Zat Besi membantu sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh serta membantu menjalankan fungsi otot.  Untuk memenuhi kebutuhan zat besi kita dapat mengkonsumsi Daging merah, unggas, ikan, hati, tepung kedelai, telur, kacang-kacangan, kacang polong,  bayam, lobak hijau, kerang,  dan sereal.

Magnesium. Magnesium berfungsi  untuk membentuk tulang dan gigi serta  untuk memeliahara syaraf dan otot agar tetap normal. Magnesium terkandung dalam beberapa makanan ysitu   kacang-kacangan, seafood, susu, keju, dan yogurt.

Fosfor. Fosfor sama halnya dengan magnesium yang berfungsi  untuk membentuk tulang dan gigi serta  untuk memeliahara syaraf dan otot agar tetap normal. Fosfor dapat kita temukan pada makan antara lain Susu, yoghurt, keju, daging merah, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, dan  kacang polong.

Kalium. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan kadar air di seluruh tubuh kita serta berfungsi  memeliahara syaraf dan otot agar tetap normal. Kalium terkandung dalam Susu, pisang, tomat, jeruk, melon, kentang, ubi jalar, plum, kismis, bayam, lobak, kangkung, dan kacang polong.

Selenium. Selenium berfungsi mencega kerusakan pada sel serta membantu fungsi kelenjar tiroid. Sayuran, ikan, kerang, daging merah, biji-bijian, telur, ayam, hati, bawang putih, dan ragi bisa kita konsumsi untuk memeneuhi kebutuhan akan Selenium.

Sodium. Sodium sama halnya dengan kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar air di seluruh tubuh kita serta berfungsi  memeliahara syaraf dan otot agar tetap normal. Makanan yang mengandung Sodium antara lain adalah Garam, susu, keju, bit, seledri, daging sapi, daging babi, sarden, dan buah zaitun hijau.

Seng (Zinc). Seng berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu dalam penyembuhan luka. Selain itu Seng juga berfungsi membantu tubuh kita untuk melawan penyakit.  Seng dapat kita temukan dalam beberapa makanan antara lain Hati, telur, makanan laut, daging merah, tiram,  telur, kacang-kacangan,  biji-bijian, sereal, gandum, dan biji labu.

Air

Air adalah bagian penting dari tubuh kita. Bahkan lebih dari 60 persen tubuh kita terdiri dari air.Beberapa fungsi

  • Membasahi jaringan, seperti  di sekitar mulut, mata, dan hidung
  • Mengatur suhu tubuh anda
  • Sebagai Bantalan  sendi kita
  • Membantu tubuh kita  mendapatkan nutrisi

Oleh karenanya sangat penting untuk kita mengkonsumsi air secukupnya. Nah seberapa banyakkah tubuh kita membutuhkan air?. Untuk menjawab pertanyaan ini kita anda bisa membaca artikel saya yang berjudul ” Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Konsumsi Dalam Sehari?”

Gambar diambil dari timsfit.com, Artikel diterjemah dari www.womenshealth.gov dan dipublikasikan Oleh www. Syafir.com

Incoming search terms:

    macam macam nutrisi,macam-macam nutrisi,macam nutrisi,macam macam protein,fungsi nutrien,makanan yang mengandung karbohidrat protein lemak vitamin dan mineral,Jenis-jenis Nutrisi,macam - macam nutrisi,Macam-macam Buah yang mengandung karbohidrat protein lemak dan vitamin,macam2 nutrisi,macam-macam nutrisi dan fungsinya,macam-macam karbohidrat,manfaat dari Karbohidrat Lemak Vitamin Mineral dan Air,apa fungsi protein vitamin karbohidrat lemak bagi tubuh kita,macam macam makanan mengandung karbohidrat,berapa persen penggunaan vitamin c pada lemak,bergai macam jenis nutrisi,fungsi dan kegunaan karbohidrat,fungsi dan sumber karbohidrat protein lemak vitamin mineral,fungsi karbohidrat protein lemak vitamin untuk unggas,klasifikasi lemak karbohidrat mineral protein vitamin,macam lemak,macam maam nutrisi,protein dan vitamin

Related Posts :

Comments

comments

8 Responses to “Inilah Macam Macam Nutrisi Yang Kita Butuhkan!!”

  1. keren infonya. dan faktanya di indonesia banyak ynag kurang gizi

    Reply
  2. thanks infonya, sangat bermanfaat….
    silahkan kunjungi website kami di http://unsri.ac.id terima kasih….

    Reply
  3. penanya May 10, 2012

    hati maksudnya apa ya…hati dari ternak misal lembu gitu ?

    Reply
  4. sabrina August 28, 2012

    mksh y ats info nya….
    info ny sngat bermannfaat…

    Reply
  5. Nutrisi merupakan inti makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. dan saya mau nanya kalau serat kasar masuknya bagian yang mana, kan kalau orang kurang serat kasar katanya jadi susah BAB, terimakasih

    Reply
  6. Makasih banyak.Info’a sngt brmanfaat… :)

    Reply
More in Kesehatan (98 of 188 articles)