Home » Kesehatan » Penyakit Alzheimer. Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

penyebab,  pengobatan, gejala alzheimerMungkin saat ini di sekitar anda terdapat orag yang lupa ingatan orang orang sekitar anda menyebutnya pikun. Ya, itu mengkin saja orang tersebut memiliki kelainan yang di sebut alzheimer.

Penyakit alzheimer didefinisikan sebagai sebuah  penyakit neurodegeneratif atau  dekenal dengan penurunan fungsi atau daya saraf otak. Daya ingat penderita sangat merosot hingga tak bisa mengurus dirinya sendiri. Walaupun  penyakit ini kebanyakan diderita usia lanjut yaitu orang yang sudah berumur sekitar 58 tahun, akan tetapi juga perlu berhati hati bagi anda yang masih berusia di bawah umur kisaran 58 tahun, karena tidak menutup kemungkinan penyakit ini akan menyerang orang yang masihl belum lanjut usia.

Oleh karena itu dunia kedokteran membagi penyakit ini menjadi dua kelompok. Pertama disebut dengan istialh early onset, istilah ini digunakan bagi pnederita yang usianya kurang 58. Sedangkan Kedua yang kedua  disebut dengan istilah late onset, istila ini digunakan pada penderita alzheimer pada usia lebih dari 58 tahun disebut sebagai late onset.

Dasar penyebab  yang mengakibatkan penyakit Alzheimer hingga kini masih dalam penelitian akan tetapi faktor genetis atau sejarah keluarga dan faktor lingkungan disebut sebut sebagai  faktor risiko yang dominan dalam meneybabkan terjadinya penyakit alzheimer. Ada pula dugaan karena mutasi gen PSEN1 yang menyebabkan Alzheimer.

Sedangkan  gejala yang terlihat  pada orang yang terserang penyakit ini, hal yang terjadi biasanya adalah penderita  menjadi agresif, lebih mudah marah, dan ketidak adaan keinginan untuk berinteraksi atau memuaskan hobi yang pernah disukainya. Selain itu, Gejala umum dan paling sering dijumpai pada penderita alzheimer adalah penderita sering kehilangan daya ingat atau memori, Agitasi dan perubahan suasana hati, Gangguan dalam membuat keputusan dan menggunakan uang, Kesulitan melakukan tugas-tugas ringan dan berkomunikasi, Sering lupa, apa yang diucapkannya sering diulang ulang, Menarik diri, terkadang ia lupa atau tidak mengenal anggota keluarga dan orang yang dia kenal lainnya, hilangnya kemampuan motorik dan sentuhannya, tidak peduli dengan kebersihan dan perawatan tubuh, Delusi dan paranoia, dan sifatnya berubah menjadi kekanak kanakan.

Nah, bagaimana cara menyembuhkan penyakit alzheimer ini???. Dalam penanganan  penyakit alzheimer hal yang dilakukan biasanya adalah pemberian obat-obatan medis yang fungsinya  membantu dan memulihkan ingatan penderita sehingga daya ingatnya kembali ke semula. Namun yang terutama untu mengatasi penyakit ini  adalah kasih sayang dan kesabaran dari orang-orang yang di sekitar penderita.

Sumber: Detikhealt dan doctorsgallery.com (image)

Incoming search terms:

    cara penanganan penyakit alzheimer,bagaimana kesan alzheimers,bagaimana kesan early signs of alzheimers,bisakah orang yg hilang ingatan kembali pulih,cara mengatasi penyakit alzheimer

Related Posts :

Comments

comments

9 Responses to “Penyakit Alzheimer. Gejala, Penyebab dan Pengobatannya”

  1. ada yg sehat dengan sistem klon sel…. klo mau telp aj di 0821 221817 23. ga sampai 1 mggu malah udah kelihatan perkembangan pesat… smoga cpat sembuh…

    Reply
  2. penyakit ini kalau penderitanya sudah lumayan pulih, apa bisa kambuh lagi? mohon bantuannya ya.. :)

    Reply
  3. apa plinplan jg termasuk pnyakit alzheimer??”
    aq msh 21 thn.. tp pelupa’a kebangetan.. plinplan jg kdg2..
    apa itu termasuk jg??”

    Reply
    • aku sering kalaw nyanyi lupa syair-syairnya…dan itupun lagu yang dulunya aku hafal buaget tapi kok ketika aqu nyanyi aqu lupa, bahkan ada hal-hal lain juga yang sering aqu lupa misalnya nama orang yang aqu kenal, atau kegiatan yang kemarin aqu lakukan sering kali aqu lupa bahkan benda2 yang barusan aqu simpan aqu lupa di taru dimana. apakah itu gejala penyakit ini???/ atau????/
      kalaw ia kira2 apa obatnya ych agar lebih cepat sembuh…

      Reply
  4. apa penyakit alzheimer bisa dialami usia 20 tahun?

    Reply
  5. azizah June 18, 2012

    apakah masih ada harapan sembuh untuk penxakit ini??????????????

    Reply
  6. Tithie June 28, 2012

    dri tnda2 yg tlah djelaskn,90% q mngalami smua na, n mmang pda saat q snagn krn lgi dpt p’htian dri pcar n kluarga q jdi ngrasa fit, tpi q cpt drop klu lgi da mslah.
    Jdi bnyak nglamun, apa2 ktinggalan n lupa,jdi temprament,n t’kesan bwt2 mslah.
    tlng bntu solusi na..

    Reply
  7. dari smua cmmnt aku bgt laah .. tp solusinya mana ? btuh bgt nih ..

    Reply
  8. apakah penyakit ini bisa sembuh total..? adakah terapi untuk penyakit ini..? sya mau mengenal lebih jauh tentang penyakit ini

    Reply
More in Kesehatan (99 of 188 articles)