Home » Pendidikan » Pengertian, Kegunaan dan Macam Macam Logika

Pengertian, kegunaan dan macam macam logikaPengertian logika

Secara etimologi (bahasa) logika berasal dari bahasa Yunani data kata logika, kata sifat dari logos yang berarti kata atau pikiran yang benar, jadi kalau ditinjau dari segi bahasa semata ilmu logika adalah pengetahuan tentang berkata benar. Oleh karena itu dalam bahasa arab ilmu logika ini dinamakan ilmu mantiq yang berarti ilmu tentang bertutur kata yang benar.

Sedangkan menurut terminologi (istilah) ilmu logika adalah pengetahuan yang istematis sekaligus mempelajari tentang aturan-aturan dan hukum-hukum berpikir yang dapat mengantarkan manusia pada kebenaran berpikir.

Kegunaan Ilmu Logika

Setelah saya membaca di semua literatur ternyata ilmu logika, banyak kegunaan di antaranya. Ada empat kegunaan ilmu logika :

  1. Membantu setiap orang agar dapat berpikir secara rasional, kritis, lurus, tepat, tertib, metodis dan koheren.
  2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat dan objektif.
  3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.
  4. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kekeliruan serta kesesatan.

Jadi ilmu logika tidak akan pernah tercapai oleh seseorang kebenaran secara ilmiah tanpa melalui aturan-aturan atau hukum-hukum yang telah tertera di dalam buku ilmu logika tersebut. Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Aristoteles logika merupakan alat bagi seluruh ilmu pengetahuan. Oleh karena itu pula, barang siapa telah mempelajari logika, sesungguhnya ia telah menggengam master key untuk membuka semua pintu masuk ke berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Maka dari itu ilmu logika bisa dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang pasti terbukti tersusun secara sistematis tentang asas-asas agar yang menentukan pemikiran yang sehat dan benar serta lurus. Seperti ilmu kimia misalnya menyelidiki hukum-hukum yang berlaku. Untuk susunan atau reaksi-reaksi materi. Maka demikian ilmu logika, menyelidiki, merumuskan, membuktikan dan menerapkan hukum yang harus dapat ditaati untuk dapat berpikir dengan tepat dan teratur.

Macam-Macam Ilmu Logika

Dalam membicarakan sejarah logika di muka, sudah dijelaskan bahwa logika. Ada dua macam :

  1. Logika Alam, natural atau kodraniah yaitu logika (berpikir) yang dilakukan atas dasar kodrat dan fitrah manusia.
  2. Logika yang diupayakan, artificial atau ilmiah yaitu logika (berpikir atas dasar upaya yang telah dirumuskan sebagai ilmu pengetahuan dapat dipelajari. Logika artificial ii dibedakan orang menjadi dua macam :
  • Logika Material yang dinamakan pula logika Mayor, adalah logika yang mempelajari langsung pekerjaan akan dan menilai hasil-hasil logika formal atau logika minor, dan mengujinya dengan kenyataan praktis yang sesungguhnya. Di samping itu juga mempelajari sumber-sumber atau asal pengetahuan proses terjadinya pengetahuan dan merumuskan metode pengetahuan yang pada gilirannya akan melahirkan macam teori ilmu pengetahuan.
  • logika formal yang juga dinamakan logika minor adalah logika yang mempelajari asas-asas aturan atau hukum-hukum berpikir yang harus ditaati, agar orang dapat berpikir yang lurus dan mencapai kebenaran. Logika inilah yang akan dipelajari. Logika formal mempunyai tiga pokok yaitu pembahasan, sekaligus merupakan langkah-langkah berpikir logis. Ketiga pokok antara lain, Pengertian (konsep), Keputusan (pendapat), dan Pemikiran (menarik kesimpulan).

Refrensi: Sunarji Dahri Tiam, langkah-Langkah Berfikir logis, CV. Bumi Jaya : Pamekasan. Gambar :tamhunt.blogspot.com

Incoming search terms:

    pengertian logika,logika natural,pengertian logika secara etimologi dan terminologi,macam-macam logika,logika naturali,logika natural dan artificial,materi pengertian koheren,pengertian pendidikan logika,pengertian logika mayor,pengertian di tinjau secara holistic,bank soal kekeliruan logika pada konsep psikologi,LOGIKA NATURAL ADALAH,jelaskan pengertian dan macam macam fungsi logika,etimologi logika,peristilahan logika

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (16 of 61 articles)