Home » Kesehatan » Inilah 25 Buah dan Sayur yang Baik Untuk Kesehatan Anda!

Buah-buahan dan sayuran  tidak hanya enak dimakan, akan tetapi buah dan sayuran sangat menjanjikan untuk kesehatan kita. Buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral esensial yang menawarkan perlindungan dari  penyakit kronis. Buah dan sayuran merupakan bagian penting dari makanan seimbang bagi kita dalam kehidupan sehari-hari. Serat, fitokimia, antioksidan dan senyawa lain yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran mampu melindungi dari ancaman penyakit  kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes. Namun tidak semua buah buahan memiliki kandungan yang lengkap. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Selain itu setiap buah dan sayuran biasanya tergantung tergantung musim. Sehingga kita harus tau buah buahan apa saja yang ada dan baik untuk kesehatan kita pada musim tertentu. Berikut ini  adalah daftar 25 buah-buahan dan sayuran yang baik untuk kesehatan kita.

Buah dan sayuran untuk kesehatan

Apel

Buah Apel Memiliki Kandungan Flavonoid, yaitu jenis antioksidan yang ada dalam apel, dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena asma dan diabetes. Serat-serat apel membantu membersihkan gigi dan langit-langit mulut kita dari bakteri dan sisa makanan. Pastikan anda makan apel utuh tanpa mengupas kulitnya karena nutrisi yang baik ada di bawah kulit apel.

Alpukat

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam  alpukat mampu menurunkan kolesterol. Karena itu, disarankan untuk mengganti lemak jenuh dan trans yang tidak sehat lainnya dalam dengan memakan alpukat alpukat.

Pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya akan potasium yang dapat membantu untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap pada kondisi normal.

Blackberry

Warna ungu yang mendalam dari blackberry berasal dari antosianin yang dianggap sebagai antioksidan yang sangat baik dan  dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

Blueberry

Blueberry adalah buah yang memiliki serat yang kaya antioksidan. Hal ini dapat  membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Belewar

Buah ini kaya dengan antioksidan – beta karoten, yang membantu untuk menurunkan risiko katarak.

Ceri

Ceri memiliki zat antosianin yang  dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan meringankan nyeri atritis.

Cranberi

Efek antibakteri pada buah cranberry dapat membantu dalam pengobatan dan pencegahan infeksi saluran. Cranberry juga dihubungkan dengan pencegahan ulkus dan batu ginjal.

Buah ara kering

Buah ara kering yang kaya akan serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung tertentu.

Anggur

Anggur memiliki kandungan Resveratrol, yaitu sebuah antioksidan yang  dapat membantu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Antioksidan ini juga dapat mencegah penyakit jantung, menghambat penyebaran sel kanker, terutama pada kanker payudara, usus besar dan lambung.

Jeruk Bali

Flavonoid dan lycopene dalam jeruk  mampu memberikan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker. Jeruk  juga kaya akan pektin, serat yang dapat membantu untuk mengurangi tingkat kolesterol tinggi.

Buah Kiwi

Buah Kiwi dapat membantu untuk mempertahankan dan mengembangkan tulang, tulang rawan, gusi dan gigi karena memiliki vitamin C.

Mangga

Mangga kaya dengan zat  zeaxanthin dan lutein, antioksidan baik membantu melindungi visi dan menurunkan risiko perkembangan usia degenerasi makula terkait.

Jeruk

Selain terkenal karena vitamin C-nya, jeruk juga merupakan sumber folat. Folat merupakan nutrisi penting bagi wanita hamil karena dapat membantu mencegah perkembangan cacat saluran saraf.

Pepaya

Kulit pepaya mengandung asam khusus yang membantu untuk menjaga kulit sehat. Selain itu pepaya juga membantu untuk membantu pencernaan.

Bit

Betainyang terkandung dalam bit membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Bit juga kaya akan folat yang merupakan vitamin B kompleks esensial yang dapat membantu mencegah cacat lahir pada janin.

Brokoli

Indoles dan sulforaphane, dua fitonutrien yang terkandung dalam brokoli memiliki efek anti kanker yang signifikan.

Wortel

Wortel merupakan sumber sayuran yang kaya akan senyawa antioksidan dan juga pro vitamin A karoten. karoten membantu melindungi tubuh dari serangan kanker tertentu dan penyakit kardiovaskular.

Seledri

Seledri merupakan sumber vitamin C dan memiliki  banyak senyawa aktif lainnya termasuk phthalides dan coumarin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah kanker.

Terong

Selain kaya dalam berbagai vitamin dan mineral, terong juga kaya nasunin (ditemukan di bawah kulit sayuran ini) yang dianggap sebagai makanan otak.

Kacang hijau

Kacang hijau Memiliki kandungan Vitamin K, folat dan vitamin B6 yang dapat  membantu mempertahankan kesehatan tulang.

Kubis

Fitonutrien organosulfur yang terkandung dalam kubis  membantu mencegah kanker terutama kanker ovarium, selain itu kubis juga memiliki kandungan  karotenoid yang mampu membantu menurunkan risiko katarak.

Zaitun

Zaitun merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Yang mampu membantu melindungi tubuh kita dari serangan penyakit jantung. Selain itu  membantu melindungi terhadap kerusakan oksidatif radikal bebas dalam tubuh.

Bayam

Bayam adalah sumber vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, mangan, besi, kalsium, vitamin B dan vitamin E. Semua nutrisi ini membantu melindungi tubuh kita dari sejumlah penyakit seperti arthritis, kanker usus besar, penyakit jantung dan osteoporosis.

Tomat

Tomat merupakan sumber lycopene, yaitu  antioksidan yang kuat yang untuk memberikan perlindungan terhadap kanker prostat stadium lanjut. Selain itu tomat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Sumber: diethealthclub.com, gambar: indiatalkies.com

Incoming search terms:

    yhs-0001,25 jenis sayuran,buah sayur yg bagus untuk kulit dan mata,buah dan sayuran apa utk jantung tulang mata dan pencernaan,SERAT YANG TERKANDUNG DALAM SAYURAN,sebutkan buah/sayuran yg menurunkan penyakit,sayuran untuk pencernaan biar bagus,nama buah dan sayur serta manfaatnya,nama buah dan sayur,25 jenis sayuran beserta gambar,macam2 sayur dan buah untuk kesehatan,buah yg bagus utk penyakit kanker tulang,buah buahan yang bagus buat gigi dan gusi,manfaat buah buahan dan sayuran

Related Posts :

Comments

comments

5 Responses to “Inilah 25 Buah dan Sayur yang Baik Untuk Kesehatan Anda!”

  1. Makasih info yg sgt bermanfaat

    Reply
  2. saya snagat suka buah dan sayur

    Reply
  3. thanks banget yach infonya nich bermanfaat banget bagi kesehatan….
    tapi kalau anda ingin bergabung di website kami silahkan kunjungi di http://unsri.ac.id terima kasih…..

    Reply
  4. terima kasih informasinya…
    banyak banget manfaat dari buah-buahan dan sayuran bagi tubuh kita…ada baiknya juga nanti kunjungi website kami di http://ict.unsri.ac.id
    terima kasih.

    Reply
  5. Kebetulan saya juga hoby makan buah, terima kasih bang sangat bermanfaat !

    Reply
More in Kesehatan (100 of 188 articles)