Home » Pendidikan, Psikologi » Jenis Jenis Bakat Khusus

bakat khususBakat khusus merupakan kemampuan bawaan yang dimiliki seseorang yang berupa potensis khusus yang jika dikembangkan akan membuat seseorang akan memiliki kemampuan dalam bidang tertentu.

Bagi Seorang guru sangat penting untuk mengetahui masing masing bakat khsusus dari setiap siswa yang yang di didiknya. Apa lagi jika guru tersebut merupakan tenaga pendidik di sekolah sekolah pendidikan tingkat dasar. Karena jika bakat khsusus ini dikembangka secara secara khusus maka akan sangat mempengaruhi terhadap kemampuan dan prestasi dari masing masing siswa.

Setiap siswa memiliki bakat khusus yang berbeda beda, sehingga seorang guru harus mengetahui kira kira bakat siswanya itu apa saja. Untuk itu sangat penting bagi seorang guru mengetahui jenis jenis bakat khusus.

Menurut Mohammad asrori (2008) setidaknya ada lima junis bakat khusus, baik yang masih berupa potensi maupun yang sudah terwujud, yaitu:

  1. Bakat akademik khusus, bakat khusus akademik ialah kemampuan bawaan khusus  yang dimiliki seseorang yang cendrung pada arah akademis, misalnya seseorang tersebut mempunyai kemampuan dalam ilmu matematika, fisika, bahasa dan lain sebagainya.
  2. Bakat kreatif produktif, bila anda pernah melihat seseorang yang mampu berkarya dan menciptakan sesuatu yang baru seperti menghasilkan rancangan arsitektur atau membuat tehnologi baru, itulah orang yang memiliki bakat kreatif dan produktif.
  3. bakat seni, bakat seni ialah kemampuan yang dimiliki seseorang yang cendrung ke arah hiburan atau seni. Misalnya seseorang tersebut pandai melukis, bernyanyi, bermbain musik dan lain sebagainya.
  4. bakat kinestik/ promotorik, bakat kinestik atau promotorik merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang yang cenderung pada kinerja seseorang. Misalnya seseorang tersebut pandai bermain volley, menembak, dan lain sebagainya.
  5. bakat sosial, bakat soaial merupakan kemampuan seseorang yang dimiliki seseorang yang cndrung mengarah pada interaksi dengan orang orang yang ada di sekitarnya, misalanya ia pandai bergaul, pandai berkomunikasi dan lain sebagainya.

Bakat khusus sangat memerlukan pengembangan agar seseorang dapat berprestasi. Sebagai seorang guru anda bisa memberikan bimbingan kepada siswa anda seseuai dengan bakat khsusus yang dimiliki oleh masing masing siswa anda.

Sumber: Ansori Mohammad, Psikologi Pembelajaran, (Bandung: CV Wacana Prima, 2008)

Gambar: http://community.ashworthcollege.edu

Incoming search terms:

    macam2 bakat,jenis-jenis bakat khusus,jenis bakat khusus,jenis jenis bakat

Related Posts :

Comments

comments

2 Responses to “Jenis Jenis Bakat Khusus”

  1. kalo ane kayaknya ga bakat apapun dech

    Reply
More in Pendidikan, Psikologi (17 of 61 articles)