Home » Umum » Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

Faktor faktor yang mempengaruhi perkembanganManusia sebagai obyek material Psikologi, dalam kenyataannya demikian bermacam-macam dan beraneka ragam. Manusia berbeda antara satu dengan lainnya, baik dalam hal tingkah laku fakir, tingkah laku sikap, perasaannya maupun gerak-geriknya, dan keunikan sifat pribadi seseorang itu, manakala ahli Psikologi mencari faktor-faktor penyebab adanya perbedaan itu, atau mengapa manusia berbeda, maka dijumpai adanya 3 (tiga) faktor pokok  yaitu :

Faktor Pembawaan (Hereditas)

Hereditas merupakan faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan individu, dalam hal ini hereditas dapat diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yang diwariskan orang tua kepada anak, atau segala potensi baik fisik maupun psikis yang dimiliki individu sejak masa konsepsi (pembuahan ovum oleh sperma) sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen-gen.yang orientasinya sebagai kecenderungan untuk bertumbuh dan berkembang bagi manusia. Menurut ciri-ciri atau pola serta sifat-sifat tertentu konsepsi dan berlaku sepanjang hidup seseorang.

 Faktor Lingkungan (environment)

Sartain (seorang ahli psikologi Amerika) mengatakan “Lingkungan” adalah meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan atau life processes kita kecuali gen-gen dan bahkan gen-gen dapat pula dipandang sebagai menyiapkan lingkungan (to provide environment) bagi gen-gen yang lain. Sedangkan menurut Ann Crouter “Lingkungan perkembangan merupakan berbagai peristiwa, situasi atau kondisi di luar organisme yang diduga mempengaruhi atau dipengaruhi oleh perkembangan individu.Dengan demikian John Locke berkesimpulan bahwa tiap-tiap individu lahir “Kertas Putih” dan lingkungan itulah yang menulis kertas itu. Dan teori ini terkenal sebagai teori-teori tabularasa atau empirisme. Ketiga pandangan di atas ini mengenai faktor perkembangan bahwa yang mempengaruhi adalah lingkungan/pengalaman yang dapat menentukannya yang dikarenakan lingkungan itu meliputi fisik, psikis, social dan religius.

 Faktor Perpaduan (Konvergensi)

Aliran ini merupakan aliran yang menyatukan antara faktor heriditas dan lingkungan, namun keduanya kurang realistis, “kenyataannya” bahwa potensi pembawaan yang baik saja, tanpa pengaruh lingkungan yang positif tidak akan membina kepribadian yang ideal. Sebaliknya, meskipun lingkungan yang positif dan maksimal, tidak akan menghasilkan kepribadian ideal pula tanpa potensi pembawaan yang baik. Menurut William Stern (Tokoh aliran ini dari Jerman) “Perkembangan pribadi, sesungguhnya adalah, hasil proses kerjasama kedua faktor, baik internal (heriditas) maupun eksternal (lingkungan).

Daftar Pustaka

Hall, Caivins. Suatu Pengantar ke Dalam Ilmu Jiwa Sigmund Frieud, Bandung : Pustaka Sarjana Pembangunan. 1980.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006.

Shalahuddin, Mahfudh. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya : Bina Ilmu. 1990.

Whitherington. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 1999.

Image : Ehow.com

 

Incoming search terms:

    faktor penyebab konvergensi,faktor penyebab terjadinya konvergensi,faktor penyebab terjadinya peristiwa konvergensi,penyebab konvergensi,faktor penyebab peristiwa konvergensi,faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan psikologi,Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan jiwa manusia,faktor konvergensi,faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia hereditas lingkungan dan konvergensi,faktor yang mempengaruhi perkembangan kontektual umum,faktor yang mempengaruhi perkembangan jiwa seseorang,psikologi faktor perkembangan manusia

Related Posts :

Comments

comments

Tags:

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Umum (47 of 96 articles)