Definisi psikolinguistik

Pengertian PsikolinguistikSecara etimologi kata psikologi berasal dari bahasa yunani kuno psyche dan logos,yang berarti “ilmu”. Secara harfiah psikologi berarti “ilmu jiwa”. Psikologi lazim diartikan sebagai suatu bidang ilmu yang mencoba mempelajari perilaku manusia. Caranya, dengan menggkaji hakikat rangsangan, hakikat reaksi terhadap rangsangan itu,dan mengkaji hakikat-hakikat proses akal ysng berlaku sebelum reaksi itu terjadi. Tujuannya pengkajian akal ini yaitu untuk menjelaskan, memprediksikan, dan mengontrol prilaku manusia. Psikologi sangat erat dengan kehidupan manusia dalam segala kaitannya yang sangat luas. Oleh karena itu, muncullah berbagai cabang psikologi yang diberi nama sesuai dengan penerapannya. Di antara cabang-cabang itu adalah psikologi social, psikologi perkembangan (kanak-kanak), psikologi klinik, psikologi komunikasi, dan psikologi bahasa.

Secara umum linguistik lazim diartikan sebagai ilmu bahasa atau ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya. Linguistik adalah ilmu yang objek kajiannya adalah bahasa, sedangkan bahasa itu sendiri merupakan fenomena yang hadir dalam segala aktifitas  kehidupan manusia.

Secara etimologi sudah disinggung bahwa kata psikolinguistik  terbentuk dari kata psikologi dan kata  linguistik,yakni dua bidang ilmu yang berbeda, yang masing-masing berdiri sendiri, dengan prosedur dan metode yang berlainan. Namun, keduanya sama-sama meneliti bahasa sebagai objek formalnya. Linguistic mengkaji struktur bahasa, sedangkan psikologi mengkaji perilaku berbahasa .
Menurut Ferdinand de sausure (1858-1913), pakar linguistik berkebangsaan swiss,telah berusaha menerangkan apa sebenarnya bahasa itu (linguistik)dan bagaimana keadaaan bahasa itu di dalam otak (psikologi). Ada tiga istilah tentang bahasa yaitu languge (bahasa pada umumnya bersifat abstrak), langue (bahasa etrtentu yang bersifat abstrak),dan parole(bahasa sebagai tuturan yang bersifat kongkret),ia beranggapan dalam bahasa itu pada dasarnya bersifat psikologi.

Sebelum menggunakan bahasa, seorang pemakai bahasa terlebih dahulu memperoleh bahasa. Dalam kaitan ini  Levelt (Marat,1983: 1) mengemukakan bahwa psikolinguistik adalah suatu studi mengenai penggunaan dan perolehan bahasa oleh manusia.
Kridalaksana  (1982: 140) pun berpendapat sama dengan menyatakan bahwa psikolinguistik adalah ilmu yang mempelajari hubungan  antara bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia serta kemampuan berbahasa dapat diperoleh.
Dalam proses berbahasa terjadi proses memahami dan menghasilkan ujaran,  berupa kalimat-kalimat. Karena itu, Emmon Bach (Tarigan, 1985: 3) mengemukakan bahwa psikolinguistik adalah suatu ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya para pembicara/pemakai  bahasa membentuk/ membangun kalimat-kalimat bahasa tersebut.

Sejalan dengan pendapat di atas Slobin (Chaer,2003: 5) mengemukakan bahwa psikolinguistik mencoba menguraikan proses-proses psikologi yang berlangsung jika seseorang mengucapkan kalimat-kalimat yang didengarnya pada waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan bahasa diperoleh manusia. Secara lebih rinci Chaer (2003: 6)  berpendapat bahwa  psikolinguistik mencoba menerangkan hakikat struktur bahasa, dan bagaimana struktur itu diperoleh, digunakan pada waktu bertutur, dan pada waktu memahami kalimat-kalimat dalam pertuturan itu.

Image: ehow.com

Incoming search terms:

    pengertian psikolinguistik,definisi psikolinguistik,pengertian psikolinguistik menurut para ahli,psikolinguistik menurut para ahli,psikolinguistik adalah,definisi psycholinguistic,Pengertian Psikolinguistik menurut para Pakar,pengertian psikolingustik,pengertian psykolinguistik,pengertian dasar psikolinguistik,pengertian dasar psikolinguistik menurut levelt,PENGERTIAN PSYCHOLINGUISTICS,pendapat kridalaksana mengenai pengertian psikolinguistik,pengertian dari psycholinguistic,www pengertian psikolinguistik,umum tentang sikolinguistik,psycholinguistics menurut para ahli,pengertian psikolonguistik,Definisi Psikolinguistik atau erti psikolinguistik,pengertian psikolinguistik dari beberapa pakar,pengertian psikolinguistik menurut kridalaksana,pengertian psikolinguistik menurut slobin,Pengertian pshycolinguistic,www psikolinguistik 1,Pengertian psikolinguistik secara umum,Pengertian PSIKOLINGUISTIK upi,www pengertian psikolinguistik menurut levelt,Psycholinguistics menurut ahli,psycholinguistics is menurut ahli,psikolinguitik menurut ahli,DEFINISI PSIKOLINGUISTIK ?,psikolinguistik menurut ahli,Pengetahuan Tentang Psikolinguistik,pengertian psycolinguistik,pengertian psycholinguistik,pengertian psikolingustik menurut kridalaksana,pengertian physicolinguistik,pengertian ilmu psikolinguistik,definisi psycholinguistic menurut ferdinand,definisi psikolingustik,definisi psikolinguistik menurut Emmon Bach,definisi psikolinguistik menurut ahli bahasa,definisi psikolinguistik menurut 10 para ahli,definisi psikolinguistik bahasa,defenisi psikolingustik,defenisi psikolinguistik menurut para ahli,defenisi psikolinguistik,beberapa definisi psycholinguistics,arti psikolinguistik,APA PENGERTIAN psiko LINGUSITIK

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Umum (43 of 91 articles)