Home » Umum » 6 Hal Yang Harus di Hindari Dalam Menelepon

Cara Menelepon Yang Baik Dan BenarEra digital membuat komunikasi semakin mudah dan lancar, ada banyak mesin digital yang bisa membuat kita semakin mudah dalam berkomunikasi. Salah satunya adalah hadirnya handphone atau telepon genggam.  Dengan telepon genggam kita bisa berkomunikasi kapan saja dan dari mana saja. Apa lagi saat ada banyak provider yang hadir dan memberikan pelayanannya dengan tarif yang sangat murah. Mudahnya kita dalam berkomunikasi melalui telepon genggam bukan berarti kita lepas dari yang namanya etika. Jika kita tidak menggunakan etika dalam berkomunkasi, bisa saja kita membuat orang yang kita ajak berkomunikasi jadi jengkel dan akibatnya bila keseringan orang tersebut akan malas untuk berkomunikasi dengan kita.

Agar lawan komunikasi kita tida merasa jengkel dan malas berkomunikasi dengan kita ada beberapa hal yang harus kita hindari.  Berikut saya tuturkan:

Hindari Penggunaan Private Number

Entah apa maksud beberapa  provider memberikan layanan ClIR ini, padahal sejauh pengamatan saya, private number kurang memberikan manfaat. Kebanyakan layanan ini digunakan oleh orang orang usil yang ingin ngerjain orang lain. Meskipun anda bisa menggunakan layanan ini anda  tidak boleh menggunakannya. Jika tidak hal itu hanya membuat penasaran orang yang ingin kita telepon, dan bisa jadi orang yang ingin kita telepon tidak mengangkatnya karena menganggap kita adalah orang usil.

Hindari Menelepon Pada Saat Jam Sibuk

Kecuali sangat mendesak, usahakan jangan menelepon seseorang pada saat jam sibuk kerja, apa lagi hal yang ingin anda bicarakan merupakan hal yang sangat penting dan membutuhkan pembicaraan yang panjang lebar. Karena selain menggangu konsentrasi orang dalam bekerja, bisa bisa apa yang ingin kita sampaikan tidak ditangkap dengan baik oleh orang yang kita ajak berkomunikasi. Carilah waktu khusus untuk melakukan pembicaraan anda. Jika perlu bertanyalah dan buat perjanjian terlebih dahulu melalui SMS kapan kira kira orang tersebut bisa diajak bicara panjang lebar.

Hindari Pembicaraan yang Terlalu Panjang

Saat ini tarif telepon seluler memang terjangkau dan bahkan sangat murah sehingga terkadang membuat orang bisa menelepon berlama lama. Walau pun demikian bukan berarti anda bebas berlama lama dalam menelepon. Sebab belum tentu orang yang kita ajak berkomunikasi menginginkan hal tersebut. Bisa saja orang yang kita ajak bicara sedang ada tamu, sedang makan, atau lagi sakit. Tentunya hal tersebut bisa mengganggu orang yang kita ajak bicara. Selayaknya ketika anda menelpon bicarakan hal penting yang harus anda sampaikan, dan bila dirasa cukup maka anda harus mengakhirinya.

Hindari Pembicaraan yang berulang ulang (Muter Muter)

Dalam berkomunikasi sebaiknya kita tidak usah mengulang ulang atau berputar putar dalam hal yang kita bicarakan. Begitu juga jika kita berkomunikasi melalui telepon seluler. Jika kita perlu menguatkan pembicaraan kita,  maka kita tidak perlu membicarakan kembali dari awal. Sebaiknya ulanglah poin poin pentingnya saja.

Hindari Waiting Call

Jika orang yang anda tuju juga sedang nelepon, maka posisi anda adalah seorang waiting call atau masuk dalam status menunggu. Biasanya tanda anda sedang menunggu akan tampil peringatan dari layar anda bahwa anda sedang menunggu.  Jika itu yang terjadi sebaiknya anda menunda panggilan anda. Karena itu akan mengganggu pembicaraan orang yang anda tuju dengan lawan bicaranya. Sebaiknya menunggulah beberapa saat sampai kira kira pembicaraan telah selesai.

Hindari Menelpon Saat Istirahat (Tidur)

Saat orang tidur pada umumnya adalah jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Jam jam tersebut sebaiknya harus kita hindari untuk menghubungi seseorang karena akan sangat mengganggu sekali. Saat yang tepat untuk menelepon menurut saya adalah antara jam 5 sore sampai jam 9 malam. Karena saat saat seperti kebanyakan orang berada dalam kondisi  dan suasana yang santai.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya kita hindari saat kita menelepon. Beberapa hal ini saya tulis dari pengalaman saya. Yang terkadang merasa terganggu ketika seseorang melakukan hal hal seperti diatas. Tapi hal itu semua tergantung seberapa vital hal yang ingin kita bicarakan. Jika sangat vital maka semua hal yang harus dihindari diatas sah sah saja kita lakukan.

Gambar: salvagetech.com

Incoming search terms:

    hal hal yang harus dihindari saat bertelepon,hal-hal yang harus dihindari saat bertelepon,Mengapa kita menelpon harus baik

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Umum (50 of 96 articles)