Home » Pendidikan, Psikologi » Tipe Tipe Kepribadian Menurut Para Ahli

Psikologi KepribadianSetiap orang memiliki kepribadian. Kepribadian setiap orang tidaklah sama, dan masing masing memiliki tipe kepribadian tersendiri. Ada banyak tipe kepribadian, seperti diungkapkan oleh parah ahli, diantaranya adalah Hiprocates, Gelanus, Eduard Spranger, C.G. Jung dan  Heymans. Masing masing ahli ini memandang dan memberikan pendapat tentang tipe kepribadian dari sudut pandang yang berbeda. Seperti apakah tipe tipe kepribadian menurut mereka?? Mari kita Pelajari satu persatu!.

Tipe Kepribadian Menurut Hiprocates dan  Gelanus

Hiprocates dan  Gelanus membagi tipe tipe kepribadian berdasarkan zat cair yang ada dalam tubuh seseorang. Dan mereka membagi tipe kribadian kedalam empat bagian. Yaitu:

  • Melancholicus ( Melankolisi). Yaitu tipe kepribadian seseorang yang memiliki banyak empedu hitam di dadalam tubuhnya. Sehingga orang ini memiliki sifat sifat kepribadian seperti bersikap murung, psimistis dan selalu menaruh rasa cruriga.
  • Sanguinicus (Sanguinisi). Yaitu tipe yang dimiliki seseorang yang memiliki banyak darah dalam tubuhnya. Orang yang memiliki sifat wajah yang berseri seri, periang, dan selalu bersikap optimistis.
  • Flagmaticus (Flegmatisi). Yaitu tipe kepribadian yang dimiliki oleh orang orang yang memiliki banyak lendir dalam tubuhnya. Orang yang memiliki tipe kpribadian ini meiliki sifat sifat seperti lamban dan pemalas, wajahnya selalu pucat, psimis, pembawaannya tenang, dan memiliki pendirian yang teguh.
  • Cholericus (kolerisi). Tipe kepribadian yang dimiliki seseorang yang memiliki banyak empedu kuning dalam tubuhnya. Sifat yang dimiliki oleh seseorang dengan kepribadian ini adalah memiliki tubuh besar dan kuat, garang dan agrasif.

Nah itulah beberapa tipe kepribdian menurut Hiprocates dan  Gelanus yang menggolongkan kepribadian seseorang berdasarkan zat cair yang ada dalam tubuh seseorang.

Tipe Tipe Kepribadian Menurut Eduard Spranger

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa masing masing ahli ini mempunyai dasar dalam memberikan pendapatnya tentang tipe kepribadian. Nah apakah yang menjadi dasar Eduard?? Ternyata ia melihat tipe tipe kpribadian seseorang berdasarkan sikap manusia terhadap yang hidup di dalam masyarakat. Dan inilah tipe tipe kepribadian yang dimaksud oleh Eduard Spranger:

  • Manusia Politik. Seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini cendrung mempunyai sifat ingin menguasai orang lain, dan setiap langkanya selalu berbau hal politik.
  • Manusia Ekonomi. Kalau kita ingin mengetahui orang orang bertipe  kepribaidan ekonomi kita bisa melihat pada ras china yang hidup di negara kita ini. Kebanyakan para etnik china ini selalu mencari hal hal baik dan berpotensi bisnis. Pada intinya orang orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini segala sesuatunya dipertimbangkan dengan hitung hitungan bisnis.
  • Manusia Sosial. Anda tau orang yang supel atau mudah bergaul? inilah orang yang mempunyai  kepribadian sosial. Karena orang berkepribadian sosial biasanya mudah dan suka bergaul, suka menolong, dan rela berkorban untuk orang lain.
  • Manusia Seni. Untuk melihat orang yang memiliki kepribadian seni bagi kita tidak sulit. Kita bisa melihat para musisi, penyanyi, pelukis dan lain sebagainya, atau kita bisa melihat orang orang yang dalam kesehariannya menghabiskan waktunya untuk keindahan. Karena pada intinya orang yang memiliki kepribadian seni ialah orang yang jiwanya dipengaruhi oleh nilai nilai keindahan.
  • Manusia Agama. Inilah kepribadian yang dimiliki oleh para ulama, pastur, pendeta dan pemuka atau tokoh tokoh agama lainnya. Bagi orang yang memiliki kepribadian agama yang terpenting bagi mereka adalah menghambakan diri dan menghabiskan hidupnya demi tuhan yang maha kuasa.
  • Manusia Teori. Ciri ciri dari orang yang memili kepribadian teori antara lain ia adalah seorang pemikir, suka membaca, dan mengabdi pada ilmu.

Itulah kepribadian menurut Eduard Spranger!. Selanjutnya kita akan mebahas tipe tipe kepribadian menurut C.G Jung.

Tipe Tipe Kepribadian Menurut C.G Jung

C.G Jung adalah seorang ahli penyakit jiwa yang berasal dari negara swis. Jung membagi kepribadian kedalam dua tipe, Yaitu ekstovert dan Introvert.

Orang yang memiliki Kepribadian Ekstrovert  adalah orang yang perhatiannya diarahkan ke luar dari dirinya. Ciri ciri atau sifat yang dimiliki oleh orang ekstrovert adalah ia lancar dalam berbicara, mudah bergaul, tidak malau mudah menyesuaikan diri, ramah dan suka berteman.

Adapun orang yang memiliki kepribadiannya Introvert merupakan kebalikan dari kepribadian ekstrovert. Perhatiannya lebih mengarah pada dirinya. Sifat yang dimiliki oleh orang yang berkpribasian seperti ini adalah cendrung diliputi kekhawatiran, mudah malu dan canggung, lebih senang bekerja sendiri, sulit menyesuiakan diri dan jiwanya agak tertutup.

Tipe Tipe Kepribadian Menurut Gerart Heymans

Gerart Heymans mengolongkan tipe kepribadian berdasarkan  kuat dan lemahnya seseorang. Tipe tipe kepribadian yang ia maksud adalah:

  • Gapasioneerden (orang hebat). Ciri dari orang yang memiliki kepribadian seperti ini aka terlihat sifat antara lain selalu bersikap keras, ambisius, egois, dan emosional. Selain itu sifat yang terlihat dari orang yang mempunyai kepribadian ini antara lain memiliki rasa kekeluargaan yang baik, dan suka menolong yang lemah.
  • Cholerici ( orang garang). Sifat yang terlihat dari orang yang memiliki kepribadian seperti ini antara lain orangnya agresif, giat bekerja, pemberani, optimistis,  dan suka pada hal hal yang bersifat nyata. Selain itu ciri lainnya adalah bahwa orang ini mempunyai sifat boros dan suka bertindak ceroboh.
  • Sentimentil (orang perayu) Ciri cirinya adalah emosional, pintar berbicara, senang dengan kehidupan alam, dan tidak suka keramaian.
  • Nerveuzen ( Gugup), Sifat yang terlihat dari kepribadian semacam ini adalah mudah naik darah,  suka memprotes, tidak mau berfikir panjang, dan tidak pendendam.
  • Flegmaciti (orang tenang) Sifat yang terlihat pada orang yang memiliki kepribadian ini adalah antara lain selalu bersikap tenang dan sabar, tekun bekerja, memiliki pemikiran yang luas, rajin dan cekatan.
  • Sanguinici ( Kekanak kanakan) Jika kita melihat seseorang memiliki sifat seperti anak anak, itulah orang yang berkepribadian sanguinici. Sifat yang terlihat antara lain sukar atau plinlan dalam mengambil keputusan, ragu ragu dalam bertindak dan suka menyendiri.
  • Amorfem (orang tak berbentuk) sifat yang terlihat dari tipe kepribadian ini adalah intelektualnya kurang, picik,  tidak praktis, tidak punya jati diri dan terombang ambing.

Itulah pendapat beberapa ahli yang meskipun tidak semua pendapat ahli termuat di sini, tetapi paling tidak tulisan ini dapat memberikan gambaran seperti apakah tipe tipe kepribadian. Semoga bermanfaat…!!

Refrensi : Alex Sobur

deadeahafida.blogspot.com

Incoming search terms:

    Jelaskan Sikap seseorang yang memiliki kepribadian introvert,tipe kepribadian,sikap seseorang yang memiliki kepribadian introvert,tipe kepribadian menurut para ahli,tipe2 orang,tipe-tipe kepribadian,jelaskan sikap seseorang yang memiliki kepribadian introvert!,ciri ciri orang yang memiliki jiwa seni,ciri-ciri berdasarkan tipe kepribadian manusia menurut eduard spranger,tipe2 kepribadian orang testing,test kepribadian,ciri ciri introvert,model-model kepribadian menurut para ahli,test psikologi kepribadian seseorang,tipe orang menurut psikologi,macam-macam tes berdasarkan aspek kepribadian,ciri-ciri introvert,ciri-ciri kepribadian manusia menurut edward spranger,ciri2 orang ceroboh,ciri2 orng punya jiwa seni,info karakter manusia menurut ahli,jelaskan karakter kepribadian introvert dan ekstrovert dan contohnya,karakter orang yang tidak suka keramaian,kepribadian menurut para ahli,apakah jenis kelamin mempengaruhi tipe kepribadian

Related Posts :

Comments

comments

One Response to “Tipe Tipe Kepribadian Menurut Para Ahli”

  1. bagus, tks, atas pencerahannya,sangat bermanfaat nambah ilmu

    Reply
More in Pendidikan, Psikologi (24 of 61 articles)