Home » Kesehatan » Trikomoniasis

Penyebab, Gejala, Penularan, Pencegahan,  pengobatan dan komplikasi trikomoniasisTrikomoniasis  adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum  yang bisa  disembuhkan, terutama pada perempuan muda yang aktif secara seksual. Berdasarkan data  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit amerika, diperkirakanada sekitar 7,4 juta  kasus baru terjadi pada pria dan wanita setiap tahun di Amerika Serikat.

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh infeksi  parasit yang disebut Trichomonas vaginalis. Organ yang terinfeksi utamanya adalah saluran urogenital. Vagina adalah organ paling umum untuk infeksi pada wanita, dan uretra (saluran urin) adalah organ  paling umum untuk infeksi pada pria.

Gejala Trikomoniasis

Pada sebagian  wanita yang terinfeksi parasit  Trichomonas vaginalis tidak menimbulkan gejala.  Namun sebagian lagi  menimbulkan  gejala yang biasanya muncul dalam waktu 5 sampai 28 hari setelah terinfeksi  parasit tersebut. Gejala-gejala pada wanita meliputi:

  •  Vagina berbusa berwarna kuning kehijauan atau abu-abu
  • Merasa tidak nyaman saat berhubungan seksual
  • Vagina berbau busuk
  • Terasa nyeri saat buang air kecil

Pada seorang wanita  juga mungkin akan terjadi iritasi dan gatal-gatal di daerah genital. Dan kadang juga timbul rasa nyeri perut bagian bawah.

Kebanyakan pria yang terinfeksi  tidak memiliki gejala. Jika hal itu terjadi, gejala-gejala yang timbul adalah sulit buang air kecil dan sulit ejakulasi.

Diagnosa Trikomoniasis

Ahli medis dapat mendiagnosa trikomoniasis di laboratorium melakukan tes pada sampel cairan dari vagina atau penis. Untuk mengetahui keberadaan parasit Trichomonas vaginalis.

Penularan Trikomoniasis

Seperti jenisnya, penyakit ini tergolong penyakit menular seksual. Penularannya ialah melalui cara berhubungan seksual dengan pasangan yang terserang penyakit ini.

Pencegahan Trikomoniasis

Agar kita tidak terinfeksi parasit Trichomonas vaginalis yang paling efektif adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi. Atau bila terpaksa berhubungan seksual seseorang bisa menggunakan kondom setiap kali berhubungan.

Pengobatan Trikomoniasis

Apabila seseorang  telah terinfeksi trikomoniasis biasanya pengobatan yang diambil secara medis ialah dengan cara memberikan metronidazol dalam dosis tunggal.

Komplikasi Trikomoniasis

Penelitian telah menunjukkan bahwa  trikomoniasis memiliki   komplikasi serius sebagai berikut.

  • Penelitian  ilmiah menunjukkan bahwa  trikomoniasis  setidaknya  meningkatkan risiko 3 – 5 kali lipat penularan HIV.
  • Trikomoniasis dapat menyebabkan seorang wanita melahirkan  bayi prematur atau  lahir dengan berat bandan yang rendah.

Daftar Pustaka

web: http://www.niaid.nih.gov/topics/trichomoniasis/Pages/default.aspx

Gmbar : translogconnect.eu dan wso.williams.edu

 

Incoming search terms:

    penyebab Trikomoniasis,pengobatan trichomonas vaginalis,cara pencegahan penyakit trikomoniasis,penyebab penyakit Trikomoniasis,makalah trichomonas vaginalis,gejala trichomoniasis,penyebab trichomonas,pencegahan trikomoniasis,pengobatan trikomoniasis,gejala trichomonas,pengertian penyakit tricomonas vaginalis,cara penularan penyakit trikomoniasis,pengertian trichomonas,pencegahan vaginitis,pengertian trikonomiasis,penyakit tricomoniacis,cara pencegahan trikomoniasis,pencegahan trichomonas vaginalis,cara mencegah trikomoniasis vaginalis,penyebab trichomoniasis,trichomonas vaginalis apa itu,mekanisme penularan trichomonas vaginalis dan penanganannya,pencegahan penularan dan cara mengatasi PMS,arti trichomonas vaginalis,apa itu trikomonas,apa itu trichomonas,penyakit Trikomoniasis mekanisme penularan,trichomoniasis adalah,Trichomoniasis indonesia,trikomonas,trikonomiasis pengobatan,Cara mencegah penyakit trikomoniasis,apa itu penyakit trikomonas?,penyakit trikomoniasis dan pencegahannya,mengobati trikomonas,pengertian trikomonas vaginalis,pengobatan bagaimana trichomonas vaginalis,PENCEGAHAN PADA VAGINITIS,iritasi vagina,penyakit menular seksual trikomoniasis,infeksi trichomonas vaginalis,penyakit trikomoniasis,vagina perempuan

Related Posts :

Comments

comments

4 Responses to “Trikomoniasis”

  1. jika hanya berwarna putih kekuning kuningan saja . bagaimana pencegahannya ?

    Reply
  2. sayyidah July 15, 2012

    jika yang ada cuma gejala gatal-gatal pada V itu juga termasuk kena penyakit ini ?

    Reply
  3. Jika yng kluar hanya cairaan kunung k’kuningan apa ini juga termasuk

    Reply
  4. hafiz July 2, 2013

    Adakah bole menjadi HIV?

    Reply
More in Kesehatan (111 of 188 articles)