Macam Macam Definisi

Macam Macam DefinisiMacam Macam Definisi – Definisi akan sangat membantu seseorang untuk mengerti dan memahami kata kata. Oleh karenanya definisi sering kita jumpai dalam permulaan dalam suatu materi. Hal tersebut bermkasuk dan bertujuan untuk mempermudah penyampaian materi yang akan dibahas. Sebagai seorang penulis, pengajar, dan pemateri sangat penting untuk mengetahui cara membuat definisi.

Menurut Alex Sobur sebenarnya ada banyak macam macam  definisi yang diungkapkan oleh para ahli, Namun dari banyaknya macam macam definisi, ternyata definisi  tersebut memiliki banyak  kesamaan. Yang berbeda hanyalah penggunaan istilah yang digunakan saja, dan  selanjutnnya alex mebagi dan menguraikan macam macam definisi tersebut  kedalam tiga macam definisi saja. Yaitu Definisi Etimologi, Definisi sinonim dan definisi uraian.

Definisi etimologi adalah  macam definisi yang diambil dengan cara menjelaskan berdasarkan arti dan asal usul bahasa dari kata  yang ingin didefinisikan tersebut.  Definisi etimologi sering  juga kita kenal dengan istilah  definisi secara bahasa.  Sebagai contoh saya akan memberikan definisi atau pengertian internet. Kata internet  secara bahasa berasal dari bahasa inggris yang  terdiri dari kata inter dan network, inter artinya antar, sedangkan network artinya jaringan, dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa kata internet bisa di definisikan sebagai antar jaringan.

Sdangkan Definisi Sinonim adalah definisi yang bisa kita gunakan untuk menjelaskan sesuatu berdasarkan persamaan katanya. Sebagai contoh: Ijasah sinonimnya adalah tanda tamat belajar, maka definisi dari ijasah adalah,  Ijasah adalah tanda tamat belajar. Contoh lainnya adalah guru mempunyai persamaan kata dengan tenaga pengajar, maka definisi yang bisa kita buat adala, Guru merupakan tenaga pengajar. Definisi sinonim ini merupakan macam definisi yang paling sering  digunakan .

Kemudian yang terakhir adalah definisi uraian. Definisi uraian merupakan definisi yang menjelasakan dan mengambarkan  secara rinci dari kata yang ingin kita definisikan. Untuk menggunakan definisi uraian ini kita bisa menebutkan bagian bagian, ciri-ciri atau bentuk dari kata yang ingin kita definisikan. Semakin jelas dan rinci, atau semkin tergambarkan kata yang ingin kita definisikan, maka akan semakin baik definisi tersebut. Sebagai contoh: Nasi Pecel adalah makanan yang bahan bahannya terdiri dari nasi dengan lauk daging ayam, lele, telur dandiberi pauk sayuran  yang dibumbui dengan bumbu kacang.

Daftar Pustaka

Sobur, Alex, Psikologi Umum, Pustaka setia, Bandung, 2003

Incoming search terms:

    macam macam definisi,macam-macam definisi,definisi etimologi,cara membuat definisi,macam definisi,contoh definisi etimologis,pengertian pemateri,aturan membuat definisi,Definisi uraian,jenis definisi,jenis tranmikgrasi dan definisinya,macam macam defenisi,Contoh etimologis,contoh definisi etimologi,Sinonim Tenaga pengajar,peraturan membuat definisi,uraian definisi,membuat depinisi sinonim,Macamdifinisi,macam macam psikologi umum,arti uraian,jenis devinisi,Jenis defenisi,uraikan defenisi dari intrnet?

Related Posts :

Comments

comments

Latest Comments
  1. gilbert

    Definisi Geografi menurut saya bila boleh di jelaskan dengan baik dan sinkat saja dan juga bisa di perbanyak definisi nya …….!!!!!!!

    OK?

    • Moh Syafiruddin

      Terimakasih atas kunjungan dan masukannya…

  2. kiren

    terimakasih atas infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Umum (54 of 91 articles)