Home » Tutorial Excel » Belajar Excel 2007: Menggunakan Fungsi Logika If

Pada pelajaran sebelumnya kita terlah belajar tentang beberapa rumus sederhana tentang excel. Saya harap pelajaran sebelumnya telah diphamami dengan benar dan sudah benar benar bisa mempraktikannya.

Kali ini saya akan melanjutkan untuk belajar fungsi logika if. Namun Sebelum kita belajar menggunakan fungsi logika if, pertama marilah kita ketahui beberapa simbol pada fungsi logika if. perhatikan tabel berikut:

Fungsi Logika If

Dari simbol simbol diatas  marilah kita terapkan dan pelajari satu persatu, bukalah lembar kerja excel yang baru yang baru, kita mulai dari simbol > (lebih besar dari). Cobalah ketik: =7>6 (sama dengan tujuh lebih besar dari enam)  pada klom C3 stelah itu tekan enter, maka tampillah keterangan “TRUE” yang artinya benar. Perhatikan gambar!

Belajar excel 2007

Nah sekarang coba kita balik pernyataan diatas dengan menggunakan simbol < (lebih kecil dari) dengan menggunakan angka yang sama. Marilah kita ketik : =7<6 (Tujuh lebih kecil dari pada enam) pada kolom di bawahnya, kemudian tekan enter. Maka keterangan yang akan tempil adalah “FALSE” yang artinya salah. Perhatikan gambar!. Untuk simbol yang lainnya bisa kita praktekan sendiri.

Belajar excel 2007

Tampilnya keterangan “TRUE” atau “FALS”  tergantung pada logis dan tidaknya pernyataan yang kita buat. seperti yang telah saya contohkan di atas, Jika tujuh lebih kecil dari pada enam secara logika tidak masuk akal, maka keterangan yang tampil adalah “FALS”. Sebaliknya jika tujuh lebih besar dari enam, maka secara logika sangat masuk akal, oleh karena itu maka keterangan yang tampil adalah “TRUE”. Sebenarnya inilah yang dimaksud dengan Fungsi Logika IF.

Fungsi Logika If bisa kita gunakan untuk menfilter angka anka sesuai dengan kriteria angka yang kita inginkan. Misalnya kita ingin menyeleksi calon Polisi dengan tinggi minimal 170 cm. Maka sebelumnya kita harus membuat daftar tabel  pada sebuah lembar kerja yang  berisi nama nama calon polisi yang di lengkapi dengan tinggi calon polisi tersebut, misalnya sebagai berikut:

cara menggunakan fungsi logika if

Pada tabel di atas jika kita ingin mengetahui mana sajakah yang tingginya masuk kriteria lulus seleksi atau gagal kita bisa menggunakan fungsi=IF(B2>=170,”Lulus”,”Gagal”), ketikkanlah fungsi tersebut pada kolom keterangan. Dalam latihan kali ini yaitu pada C2. kemudian tekan enter. Maka akan terlihat hasilnya seperti dalam gambar berikut!

Saatnya Beralih Ke Indosat Mobile!

Dari hasil di atas terlihat bahwa calon polisi dengan nama Abd Aziz dinyatakan Lulus dalam seleksi. Nah sekarang bagaimanakah denga calon polisi lainnya? Siapa saja yang lulus dan gagal. Kita bisa melihat dengan cara mengcopy sel C2 kedalam sel C3 sampai C10, maka secara otomatis akan ketahuan siapa saja yang lulus dan yang gagal. Perhatikan gambar berikut!

Saatnya Beralih Ke Indosat Mobile!

Dari keterangan di atas terlihat bahwa yang Lulus seleksi adalah Abd Aziz, Akmal M, Hasan S, Ismail dan Inul. sementara yang lainnya gagal.

Demikian tutorial cara menggunakan fungsi logika if, silahkan berlatih dengan menggunakan problem, simbol  dan angka yang berbeda. Semoga bermanfaat!!

Incoming search terms:

    belajar excel 2007,rumus if excel 2007,cara mengerjakan microsoft excel 2007,cara belajar excel 2007,cara menggunakan fungsi if pada excel,yhs-fh_lsonswrow,belajar fungsi if,fungsi logika if pada excel,cara menggunakan if exel untuk awal angka,cara penggunaan mikrisop exel dalam perusahaan,BELAJAR RUMUS IF LOGIKA,funsi if,fungsi lambang $ pada exel,fungsi if excel untuk masa kerja,fungsi if,gimana cara megerjakan data bes dalam xlcel 2007,cara belajar exxel,LOGIKA EXCELL,panduan belajat fungsi di excel,Pengenalan beberapa fungsi /rumus pada microsoft exel,penggunaan fungsi logika di exel,rumus if pada excel 2007,tutorial excel grouping data free,excel dengan rumus if,CARA TIDAK BISA MEMPERLIHATKAN RUMUS PADA TOOLBAR EXEL,cara belajar memakai sum if,cara belajar menggunakan excel,belajar membuat rumus logika excel,cara menggunakan if di c#,cara menggunakan IF di excel,cara menggunakan if dua kali dalam exel,cara menggunakan if excel,cara menggunakan if pada exel,cara menggunakan rumus di excel 2007,cara menggunakan rumus fungsi if di excel,belajar if excel,cara pakai if pada excel,cara pengunaan if di excel,cara menggunakan rumus sum if

Related Posts :

Comments

comments

18 Responses to “Belajar Excel 2007: Menggunakan Fungsi Logika If”

  1. wah ….. gara2 salah meletakkan “=” bikin pusing mas ….

    Reply
  2. Terimakasih, sangat membantu

    Reply
  3. mas sekedar meluruskan sepertinya rumus ‘if =’ nya salah,yang bener ‘=if’ masalahnya sudah saya coba. thanks.

    Reply
    • Moh Syafiruddin November 9, 2011

      Terimakasih!!! Saya sangat senang dengan koreksinya dan telah saya edit…..

      Reply
  4. terimakasih mas bahasanya mudah dimengerti

    Reply
  5. suriyanto January 13, 2012

    bgus mas…
    dngan ini saya bisa blajar dngan tnang
    soal nya pembhasan nya sngat tpat dan muda di mengerti….

    Reply
  6. tinggal nunggu rumus2 yang laen mas… btw thanks bgt

    Reply
  7. huuuuuh mas makasih ya, soalnya bisa buat belajar hehehehheheeh, makasih lho mas, tapi saya masih bingung, kata guru komputer saya masih ada banayak lagi caranya, tapi kalo yang ini khan baru dasar ya mas, nah kalo pelajaran saya masih lebih mendalam lagi jadi sayanya agak bingung !!!!

    Reply
  8. Mas, kalo bikin grafik batang tapi ada grafik line dalam satu chart nya , bagaimana?makasi

    Reply
  9. mas kalo terdiri dari lebih dari kolom nilai gimana rumus logikanya.
    misal kolom 1 bhs indo kol 2 bhs ingg kol 3 mat.
    Sedangkan hasil nilai ada 2 kemungkinan jenis lulus dan tidak lulus(gagal)..
    dengan syarat suatu misal nilai lebih dari samadengan 60 lulus
    Tolongin mas bro.,, saya bingung kalo lebih dari 2 kolom nilai.
    Trims..

    Reply
  10. ini pakek office 2007 kok gak bisa bos
    tolong penjelasannya…

    Reply
  11. dianasari June 21, 2012

    saya coba pake excel 2007 kok ga bs ya mas… minta penjelasanya ya…

    Reply
  12. znl_mustopa July 14, 2012

    pengen bikin daftar klasemen perolehan medali yang otomatis, gimana sich
    file yang sya buat masih manual : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5710780/KLASEMEN_PEROLEHAN_MEDALI.xlsx

    Reply
  13. afrizal August 1, 2012

    makasih2,…… mas,..

    Reply
  14. johansyah August 8, 2012

    mkasih yh atas ptunjuk excel nya..
    klo bisa diajari lebih saya nya hehe

    Reply
  15. sangat membantu untuk mengerjakan tugas
    TERIMA KASIH……………

    Reply
More in Tutorial Excel (1 of 11 articles)