Home » Pendidikan » Elemen-Elemen Pembelajaran Kooperatif

pembelajaran kooperatifElemen-Elemen Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran kooperatif memang merupakan pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok. Tapi apakah setiap pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok sudah mencerminkan pembelajaran  yang kooperatif??. Jawabannya tidak. Karena dalam pembelajaran kooperatai harus mencerminkan kerja sama antar kelompok. Untuk itu agar benar-benar mencerminkan pembelajaran kooperatif, maka perlu diperhatikan elemen-elemen pembelajaran kooperatif sebagai berikut (Jonson and Smith,1991; Anita Lie, 2004):

  • Saling ketergantungan Positif

Saling ketergantungan di sini artinya adalah siswa mengejakan tugasnya masing masing sehingga menjadi kesatuan tugas. Untuk itu agar pembelajaran  yang efektif seorang guru harus menyusun dan membagi tugas hingga sedemikian rupa. Hal ini agar setiap anggata kelompok mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.

  • Tanggung jawab perseorangan

Unsur ini merupakan akibat langsung dari unsur yang pertama. Jika tugas dan pola penilaian dibuat menurut prosedur model pembelajaran Cooperative Learning, setiap siswa akan merasa bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik. Kunci keberhasilan metode kerja kelompok adalah persiapan guru dalam penyusunan tugasnya.

Pengajar yang efektif dalam model pembelajaran Cooperative

Learning membuat persiapan dan menyusun tugas sedemikian rupa

sehingga masing-masing anggota kelompok harus melaksanakan tanggung jawabnya sendiri agar tugas selanjutnya dalam kelompok bisa dilaksanakan. Dalam teknikJ igsaw yang dikembangkan Aronson misalnya, bahan bacaan dibagi menjadi empat bagian dan masing- masing siswa mendapat dan membaca satu bagian. Dengan cara demikian, siswa yang tidak melaksanakan tugasnya akan diketahui

dengan jelas clan mudah. Rekan-rekan dalam satu kelompok akan menuntutnya untuk melaksanakan tugas agar tidak menghambat yang lainnya.

  • Tatap Muka

Setiap kelompok harus diberikan kesempatan untuk bertemu muka dan berdiskusi. Kegiatan interaksi ini akan memberikan para pembelajar untuk membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota. Hasil pemikiran beberapa kepala akan lebih kaya daripada hasil pemikiran dari satu kepala saja. Lebih jauh lagi, hasil kerja sama ini jauh lebih besar daripada jumlah hasil masing-masing anggota.

Inti dari sinergi ini adalah menghargai perbedaan, meman- faatkan kelebihan, dan mengisi kekurangan masing-masing. Setiap anggota kelompok mempunyai latar belakang pengalaman, keluarga, don sosial-ekonomi yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini akan menjadi modal utama dalam proses saling memperkaya antaranggota kelompok. Sinergi tidak didapatkan begitu saja dalam sekejap, tetapi merupakan proses kelompok yang cukup ponjang. Para anggota kelompok perlu diberi kesempatan untuk saling mengenal dan menerima satu sama lain dalam kegiatan tatap muka don interaksi pribadi.

  • Komunikasi antar anggota

Unsur ini juga menghendaki agar para pembelaiar dibekali dengan berbagai keterampilan berkomunikasi. Sebelum menugaskan siswa dalam kelompok, pengajar perlu mengajarkan cara-cara berkomunikasi. Tidak setiap siswa mempunyai keahlian mendengarkan don berbicara. Keberhasilan suatu kelompok juga bergantung pada kesediaon para anggotanya untuk saling mendengarkan don kemampuan mereka untuk mengutarakan pendapat mereka.

Sumber: http://www.scribd.com/doc/11540191/pembelajaran-kooperatif

Incoming search terms:

    elemen elemen pembelajaran kooperatif

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (27 of 61 articles)