Home » Pendidikan » Pengertian Novel

NovelNovel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif; biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti “sebuah kisah, sepotong berita”. (id.wikipedia.org)

Novel adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat (Jakob Sumardjo Drs).

Novel adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsic (Paulus Tukam, S.Pd)

Pada umumnya, didalam sebuah novel memuat tentang problem kehidupan masyarakat,yang digambarkan oleh pengarang melalui tokoh dan penkohan serta setting yang sengaja dipilih pengarang untuk mewakili idenya dalam gambarannya terhadap pandangan dalam kehidupan yang dialami yang diapresiasikan dalam wujud tulisan.

Hal diatas dapat terlihat dalam perkembangan kasusastraan baik dalam bentuk maupun isi. Dengan demkian dapat disimpulan bahwa novel adalah cerita yang berbntuk prosa yang  melukiskan hidup manusia baik lahir maupun batin.

Incoming search terms:

    Pengertian Novel,yhs-per_003,definisi novel,yhs-ddc_bd,novel adalah,arti novel,defenisi novel,devinisi novel,pengertian novel wikipedia

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (32 of 61 articles)