Home » Pendidikan » Tujuan Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif

Tujuan pembelajaran kooperatif berbeda dengan kelompok tradisional yang menerapkan sistem kompetisi, di mana keberhasilan individu diorientasikan pada kegagalan orang lain . sedangkan tujuan dari pembelajaran kooperatif  adalah menciptakan situasi di mana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh kebrhasilan kelompoknya (Slavin 1994)

Model pembelajaran koopertait dikembangkan untuk mencapai setidak tidaknya tiga tujuan pembelajaran pending yang dirangkum oleh ibrahim, et al. (2000), yaitu:

  • Hasil Belajar Akademik

Dalam belajar kooperatif meskipun mencakup beragam tujuan sosial,  juga memperbaiki prestasi siswa atau tugas tugas akademis penting lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep konsep yang sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar. Di samping mengubah norma yang berhubungan dengan hasil belajar, pembelajaran koperatif dapat memberi keuntungan baik pada siswa kelompok bawah maupun maupun kelompok atas yang bekerja bersama menyelesaikan tugas tugas akademik.

  • Penerimaan terhadap perbedaan individu

Tujuan lain model pembelajaran kooperatif adalah penerimaan secara luas dari orang orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan, dan ketidak mampuannya. Pembelajaran kooperatif memberi peluang bagi siswa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dan saling bergantung pada tugas tugas akademik dan melalui struktur penghargaan kooperatif akan belajar saling menghargai satu sama lain.

  • Pengembangan keterampilan sosial

Tujuan penting ketiga pembelajaran kooperatif adalah, mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerja sama dan kolaborasi. Keterampilan keterampilan sosial, penting dimiliki oleh siswa sebab saat ini anak muda masih kurang dalam ketarampilan sosial.

Sumber: http://www.scribd.com/doc/11540191/pembelajaran-kooperatif

Gambar: eweb.psdschools.org

Incoming search terms:

    ciri-ciri pengajaran dan pembelajaran koperatif,TUJUAN KOPERATIF,tujuan pebelajaran kooperatif

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (33 of 61 articles)