Home » Pendidikan » Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran KooperatifPembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) merupakan strategi belajar yang mempunyai ciri  dan menitik beratkan pada kerja sama antar siswa dalam sebuah kelompok.  Dalam sebuah kelompok biasanya terdiri 4-6 siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda atau hiterogen. Latar belakang disini maksudnya adalah seperti latar belakang sosial, keluarga intelejensi dan lain sebagainya. Semakin vareatif dalam sebuah kelompok maka akan semakin baik. Tujuan dari mengelompokkan siswa yang hiterogen di sini adalah agar dalam setiap kelompok ada yang mampu menjadi sumber pengetahuan.

Sukses atau tidaknya pembelajaran ini merupakan tanggung jawab siswa yang memiliki latar belakang yang unggul dari masing masing kelompok. Siwa yang memiliki keunggulan diharapkan mampu memberikan bimbingan serta menularkan pengetauan. Dalam pembelajaran ini sebuah topik tidak bisa dikatakan tercapai apabila masing masing individu dalam sebuah kelompok masih belum paham terhadap apa yang dipelajari.

Agar pembelajaran kooperatif sesuai dengan harapan, maka ada beberapa hal yang harus diperhtikan oleh seorang guru antara lain Tujuan Pembelajaran Kooperatif ,  Elemen Elemen Pembelajaran Kooperatif, jenis jenis pendekatan pembelajaran kooperatif

Sumber Gambar: trendsupdates.com

 

Incoming search terms:

    definisi pelajaran,pembelajaran kooperatif,menitik beratkan siswa k 13

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (34 of 61 articles)