Home » Kesehatan » Obat Herbal Untuk Nyeri Perut Saat Haid (dismenore)

Dong quai (Angelica sinensis)Masalah yang juga sering dialami oleh seorang wanita adalah nyeri perut  pada saat haid (menstruasi) penyakit ini dinamakan dismenore. Biasanya dismenore primer timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah menstruasi pertama. Gejala yang timbul adalah adanya rasa  Nyeri pada perut bagian bawah, yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai.

Tummbuhan Dong quai (Angelica sinensis), tumbuhan ini berkhasiat untuk mengobati rasa nyeri yang timbul saat haid. Tidak hanya itu tumbuhan ini juga bermanfaat untuk mengobati masalah reproduksi wanita lainnya dan mampu meningkatkan sirkulasi darah.  Tumbuhan ini tumbuh pada ketinggian tinggi dengan suhu dingin dan lembab, di pegunungan Cina, Korea, dan Jepang. Tanaman ini memiliki aroma harum yang masih anggota keluarga seledri. Akarnya coklat kekuningan. Butuh 3 tahun untuk tanaman untuk mencapai kematangan, setelah akar dipanen dan dirumuskan ke dalam tablet, bubuk, dan bentuk obat lain.

Kandungan yang ada dalam tumbuhan ini minyak atsiri, ngelol,  angelicone, osthole, psoralen, asam ferulic, asam nikotinat, dan asam suksinat.

Khasiat lain dari tumbuhan ini adala terletak pada Akarnya, yang  digunakan selama lebih dari seribu tahun sebagai rempah-rempah, tonik, dan obat di Cina, Korea, dan Jepang. Tanaman ini masih sering digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, dimana biasanya dikombinasikan dengan tumbuh-tumbuhan lainnya.

(diambil dari berbagai sumber)

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Kesehatan (123 of 188 articles)