Home » Pendidikan » Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar

Pengertian Prestasi Belajar, Sebelum membahas pengertian prestasi belajar  secara utuh, kita perlu mendefinisikan prestasi belajar secara rinci atau membahasnya satu persatu. Yaitu mendefinisikan  kata kata prestasi dan kata belajar.  Sehingga bisa diambil kesimpulan tentang pengertian prestasi belajar.

Beberapa Pakar berpendapat tentang  pengertian prestasi adalah sebagai berikut, Muray (1990 : 290) berpendapat bahwa prestasi adalah mengatasi hambatan, melatih kekuatan, berusaha melakukan sesuatu yang sulit dengan baik dan secepat mungkin.

Sementara itu menurut Abdul Qohar, prestasi adalah segala sesuatu  yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja”.

Tidak jauh berbeda dari abdul Qohar, Djamarah mendefinisikan  Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, dicipatkan, baik secara individual maupun kelompok.

Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa pengertian prestasi segala sesuatu yang ada yang  diperoleh dengan cara atau proses mengatasi, mengerjakan, atau melatih dengan baik yang dilakukan oleh individu maupunkelompok.

Untuk definisi belajar juga diambil pendapat para pakar antara lain, Witherington, dalam buku Educational Pychology mendefinisikan  Belajar adalah suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. ( Drs. Ngalim Purwanto, MP, Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya)

Cronbach  berpendapat bahwa Belajar adalah memperlihatkan perubahan dalam perilaku sebagai hasil daripengalaman.

Menurut Morgan Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menatap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.

Dari pendapat tersebut dapat diambil pemahaman bahwa belajar bukan hanya berupa kegiatan mempelajari suatu mata pelajaran secara foemal, tetapi belajar juga merupakan masalah setiap orang, hampir setiap kecakapan, ketrampilan, pengetahuan, kebiasaan, kegemaran dan sikap manusia terbentuk, dimodifikasi dan berkembang karena belajar, kegiatan belajar dapat terjadi dimana-mana baik dilingkungan keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan formal disekolah.

Adapun perubahan yang diharapkan sebagai hasil belajat itu antara lain meliputi perubahan-perubahan pada aspek koginitif yang meliputi perubahan-perubahan dalam segi penguasaan pengetahuan dan perkembangan ketrampilan/kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut, aspek efektif meliputi perubahan-perubahan dari segi sikap mental, perasaan dan kesadaran. Dan aspek psokomotor meliputi perubahan-perubahan dalam segi bentuk tindakan motorik

Berdasarkan kesimpulan perngertian prestasi dan pemahaman tentang belajar, maka Pengertian Prestasi Belajar adalah segala sesuatu yang dicapai dimana prestasi itu menunjang kecakapan seorang manusia.

Incoming search terms:

    pengertian prestasi,pengertian prestasi belajar,prestasi belajar,definisi prestasi belajar,pengertian prestise,teori prestasi belajar

Related Posts :

Comments

comments

6 Responses to “Pengertian Prestasi Belajar”

  1. mutiara March 23, 2011

    pengertianya aku Copas ya.. makasih :D

    Reply
  2. wah tulisannya bagus buanget,,, hebat yaaa.. Boleh minta nomor HP adminnya gak hiiihh

    Reply
  3. gimana cara downloadnya ya, knp gkd link downloadnya?

    Reply
  4. trim’s banget yah. artikelnya sangat membantu buuanget!

    Reply
  5. thanks ya, definisi prestasi belajarnya….

    Reply
More in Pendidikan (37 of 61 articles)