Penyebab Flu Burung (Avian Influenza)

Virus H5N1
Gambar Virus H5N1

Penyakit flu burung penyebabnya sudah jelas, yaitu disebabkan oleh virus. virus flu burung merupakan  salah satu jenis dari family Orthomyxoviridae, yang terdiri dari Tipe A yang menginfeksi unggas, Tipe B yang menginfeksi babi dan tipe C yang menginfeksi  mamalia dan juga manusia. Jenis virus tipe A, antara lain sebagai berikut:

  1. H1N1, Virus ini dapat menyebabkan endemik pada babi dan manusia, virus inilah yang menyebabkan flu spanyol yang menyebabkan kematian  lebih dari 100 juta orang.
  2. H2N2, Virus menyebabkan wabah Flu Asia yang mematikan  4 hingga 5 juta orang.  Hal tersebut terjadi pada tahun 1957 di China dan juga wilayah sekitarnya.
  3. H3N2, Virus yang menyebabkan infeksi organ pernafasan pada manusia dan  babi. Virus ini menelan korban hingga 750.000 orang dengan penyakit yang disebut  Flu Hongkong. Hal tersebut terjadi pada tahun 1968.
  4. H5N1, Virus inilah yang  saat ini merupakan virus flu burung yang paling berbahaya dan  sudah menyebabkan  kematian sejumlah 272 orang  di seluruh dunia. Virus ini dikhawatirkan menjadi pandemik saat nantinya dapat menular dari manusia yang satu  ke manusia yang lainnya. Contoh kasus itu telah terbukti menimpa pada keluarga di Tangerang, yang untungnya tidak sampai menyebar ke wilayah lainnya
  5. H1N2, Virus ini merupakan endemik bagi manusia dan babi. Tipe H1N2 diperoleh dari susunan virus H1N1 dan H3N2 dimana protein hemaglutinin virus ini hampir sama dengan jenis H1N1 dan Neuraminidase proteinnya hampir sama  dengan virus jenis H3N2.
  6. H7N7, merupakan virus yang menyerang binatang namun memiliki sifat yang tidak biasa. Virus ini menyerang   sebanyak 89 orang di Belanda namun yang meninggal hanya 1 orang saja.
  7. H9N2, adalah virus pathogen rendah dari virus jenis A yang dapat menyerang hewan jenis unggas. Korban dari virus adalah  3 orang anak yang  tinggal di Hongkong dan China, Namun ketiganya dapat disembuhkan secara total.
  8. H7N2,Virus ini menimbulkan 2 orang korban di New York dan Virginia, hal tersebut terjadi di sekitar tahun 2003 dan 2002 dan keduanya juga dapat disembuhkan.
  9. H7N3, Virus ini menyerang di daerah amerika Utara pada tahun 2004 di daerah British Coloumbia.
  10. H10N7, Virus ini pertama kali dilaporkan bisa  menginfeksi manusia setelah ditemukan kasus 2 balita di daerah Mesir pada tahun 2004 yang terkena H10N7 ini.

Incoming search terms:

    penyebab flu burung,gambar penyakit flu burung,gambar flu burung dan penyebabnya,virus penyebab avian influenza,GAMBAR VIRUS PENYEBAB PENYAKIT INFLUENZA,penyebab avian flu,penyakit flu burung disebabkan oleh,penyabab flu burung,H5N1 tanda2,gambar gambar penyakit flu burung,virus penyebab flu burung di sebut

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Kesehatan (158 of 187 articles)