Metode Kerja Kelompok

Kerja KelompokIstilah bekerja kelompok di pakai untuk merangkup pengertian di mana anak didik dalam suatu kelompok di pandang sebagai satu kesatuan tersendiri, untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan bergotong-royong. (Surachman, 1986, hal . 117).

Dalam bekerja kelompok peranan guru atau instruktur adalah sebagai berikut :

  • Manager

Membantu para peserta mengorganisir diri, tempat duduk, serta bahan yang di perguanakn.

  • Observer

Mengamati dinamika kelompok yang terjadi sehingga ia dapat mengarahkan serta membantu bila perlu bisa memberikan masukan kepada kelompok tentang kepemimpinan, intraksi, tujuan serta peranan norma-norma yan terjadi dalam masyarakat.

  • Advosor

Memberikan saran-saran tentang penyelesaian tugas bila di perlukan. Tetapi pemberian saran ini jangan berarti instruktur yang menyelesaikan tugas buat peserta. Berikan saran itu dengan mengajukan pertanyaan, bukan pemberian informasi secara langsung.

  • Evaluator

Nilailah proses kelompok yang terjadi bersama-sama dengan kelompok penilaian ini di kehendaki hanyalah penilaian kelompok saja, bukan penilaian terhadap individu. (Hasibun, hal. 25).

Tag:

Incoming search terms:

    metode kerja kelompok,pengertian metode kerja kelompok,metode kelompok,metode karya kelompok,metode pendidikan kelompok,pengertian kerja kelompok

Related Posts :

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Pendidikan (45 of 60 articles)