Home » Pendidikan » Metode Diskusi

Metode diskusiMetode diskusi atau musyawarah adalah suatu kegiatan kelompok dalam memecahkan masalah untuk mengambil kesimpulan. Penerapan metode diskusi untuk pendidikan agama Islam agar dapat mencapai tujuannya, guru perlu mempersiapkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

  1. Guru harus benar-benar dapat memberikan tugas pembahasan yang jelas maksudnya tidak kabur tentang cara dan tujuan yang hendak di capai.
  2. Guru harus benar-benar dapat menjadi organisator yang memadai sehingga kekacauan tidak terjadi.
  3. Kelompok diskusi hendaknya tidaklah terlalu besar, agar tidak terlalu ramai dan gaduh.
  4. Pimpinan sebaiknya di serahkan kepada mereka sendiri untuk memilihnya.
  5. Usahakan agar setiap murid mendapatkan giliran berbicara.
  6. Usahakan agar setiap murid belajar bersabar untuk mendengarkan dan memahami pendapat orang lain.
  7. Usahakan agar tidak menimbulkan rasa kelompokisme.
  8. Usahakan menyiapkan dan melengkapi semua sumber data yang di perlukan, baik yang tersedia di sekolah maupun yang terdapat di luar sekolah.
  9. Juga, usahakan agar topik atau problem yang akan di jadikan pokok-pokok diskusi dapat di ambil dari buku-buku pelajaran murid, dari surat-surat kabar, dari kejadian sehari-hari di sekitar sekolah dan kegiatan di masyarakat yang sedang menjadi pusat perhatian penduduk setempat.

Dengan menggunakan metode diskusi ini anak dapat mengembangkan sikap toleransi, demikrastis, berpikir kritis, sistematis dalam memecahkan suatu persoalan. Namun dalam pendidikan agama Islam metode diskusi ini banyak di pergunakan dalam bidang syari’at dan akhlak, sedang masalah keimanan (akidah) kurang sesuai dengan metode ini. (Salahuddin, 1987 : 51-55).

Dalam hubungannya dengan hal tersebut, Allah SWT menganjurkan kepada umatnya untuk memecahkan sesuatu persoalan atas dasar musyawarah, sesuai dengan firman-Nya dalam surat As-Syuro ayat 38 :

Artinya : “Dan bagi orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shlat, sedang urusan mereka(di putuskan) dengan musyawarah dengan mereka, dan mereka menafkahkan sebagian dari rejeki yang kami berikan kepada mereka.”. (Depag, 38, 789).

Tag:

Incoming search terms:

    metode diskusi,diskusi,kesimpulan tentang diskusi belajar efe,metode diskusi agar tidak membuat kelompok lain jenuh,belajar diskusi,makalah metode diskusi dalam pembelajaran pai,metode dan teknik diskusi

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (43 of 61 articles)