Metode Tanya Jawab

Metode tanya jawab adalah penyampaian pelajaran dengan jalan guru mengajukan pertanyaan dan murid menjawab, atau bisa juga suatu metode di dalam pendidikan di mana guru bertanyan sedang murid menjawab bahan atau materi yang ingin di perlehnya.

Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam menerapkan metode ini adalah :

  1. Guru harus benar-benar menguasai bahan pelajaran, termasuk semua jawaban yang mungkin akan di dengarkannya dari murid atas suatu pertanyaan yang di ajukannya.
  2. Guru harus sudah mempersiapkan semua pertanyaan yang di ajukan olehnya kepada murid dengan cepat.
  3. Pertanyaan-pertanyaan harus jelas dan singkat ini harus di perhatikan, sebab pertanyaan-pertanyaan harus di ajukan secara lisan.
  4. Susublah pertanyaan dalam bahasa yang mudah di pahami murid.
  5. Guru harus mengarahkan pertanyaan pada seluruh kelas.
  6. Berikan waktu yang cukup untuk memikirkan jawaban pertanyaan, sehingga murid dapat merumuskannya dengan sistematis.
  7. Tanya jawab harus di lakukan dengan suasana yang tenang dan bukan dalam suasana yang tegang yang penuh dengan persaingan yang tidak sehat di antara anak didik.
  8. Agar sebanyak-banyaknya murid memperoleh giliran menjawab pertanyaan dan jika seseorang tidak dapat menjawab segera, giliran di berikan kepada murid yang lain.
  9. Usahakan selalu agar setiap pertanyaan hanya berisi satu problem saja.
  10. Pertanyaan harus di bedakan dalam golongan pertanyaan pikiran dan pertanyaan reproduksi atau pertanyaan yang meminta pendapat dan hanya fakta-fakta.

Dengan menggunakan tanya jawab ini guru pendidikan agama Islam dapat memberikan motivasi atau stimulus kepada siswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam belajar yaitu guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab pertanyaan tersebut, atas arahan dari guru baik di lakukan pada waktu apersepsi selingan maupun waktu berakhirnya kegiatan belajar mengajar. Selain dari pada itu tanya jawab bisa di lakukan pada waktu guru belum menjumpai materi pelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa.

Tag:

Image Source: papantulisku.com

Incoming search terms:

    metode tanya jawab,yhs-elex_22find,pengertian metode tanya jawab,Metode pembelajaran tanya jawab,langkah-langkah metode tanya jawab,metode tanya jawab adalah,pengertian metode tanya jawab anak TK,TANYA JAWAB DI TK,TANYA JAWAB TENTANG METODE INQUIRY,pengertian metode tanya jawab dalam pembelajaran,tanya jawab untuk tk,pengeertian tanya jawab,metode tanya jawad serta langkah-langkahnya di sd,METODE TANYA JAWAB UNTUK aud,metode tanya jawab dalam pembelajaran,metode tanya jawab dalam belajar,metode mengaja guru,manfaat metode tanya jawab bagi TK,manfaat metode tanya jawab,langkah-langkah penerapan metode tanya jawab,langkah-langkah model pembelajaran tanya jawab,LANGAKAH-LANGKAHMETODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB,keutamaan metode tanya jawab dalam pendidikan

Related Posts :

Comments

comments

Latest Comments
  1. indah

    tambahin donk penjelasannya…metode ty jwbnya da kelebihan n kekurangannya, langkah2nya n beberapa pengertian ty jwab menurut ahlinya disertai thn n hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Pendidikan (50 of 60 articles)