Home » Pendidikan » Metode Ceramah

Metode CeramahMetode ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru di depan siswa di muka kelas.  Dalam metode sorang guru sangat mendominasi dan menjadi subjek dalam sebuah pembelajaran, sementara siswa adalah sebagai objek passif menerima apa yang disampaikan oleh guru. Metode Ceramah akan baik penggunannya :

  1. Apabila guru menyampaikan fakta kepada siswa yang besar jumlahnya sehingga metode lain tidak mungkin di pergunakan. Apabila guru menyampaikan fakta (kenyataan) atau pendapat di mana tidak terdapat bahan bacaan yang meragukan fakta atau pendapat yang di maksud.
  2. Apabila guru adalah pembicara yang bersemangat dan akan memotivasi siswa untuk melakukan segala sesuatu pekerjaan.
  3. Apabila guru akan menyimpulkan pokok yang penting yang telah di pelajari oleh siswa untuk melihat lebih jelas hubungan yang pokok satu dengan yang lain.
  4. Apabila guru akan memperkenalkan pokok baru dalam rangka pendidikan yang lalu. (Surachman, 1987 : 45).

Hal-hal yang perlu di perhatikan guru dalam metode ceramah ini adalah :

  1. Bahan pelajaran harus di sesuaikan dengan taraf perkembangan psikologis anak didik yang berhubungan dengan lingkungan sosial maupun lingkungan kebudayaan.
  2. Hendaknya guru dapat menyesuaikan tingkat bahasa yang di pergunakan dengan taraf kecerdasan murid.
  3. Gaya bahasa supaya di perhatikan, baik berupa ucapan, tempo, melodi, ritme, maupun dinamikanya.
  4. Guru agama sebagai penceramah baik sikap atau cara berdirinya harus menimbulkan rasa simpatik.
  5. Menampakkan wajah yang berseri-seri serta mimik yang ramah dan menarik.
  6. Hendaknya guru agama dapat memberikan kesan pada murid, bahwa ia sendiri sangat berminat pada bahan yang sedang ia bicarakan.
  7. Guru agama dalam memberikan pelajaran hendaknya di adakan variasi, misalnya tanya jawab dan sebagainya. (Salahuddin, 1990 : 45).

Dengan metode ini, dapat memahami tujuan yang akan di sampikan oleh guru dalam proses belajar mengajar selanjutnya sehingga mereka termotivasi untuk mengikutinya dengan penuh perhatian.

Tag:

Incoming search terms:

    metode ceramah,metode pembelajaran ceramah,tujuan metode pembelejaran ceramah,metode belajar ceramah,tehnik metode ceramah,metode pembelajarn ceramah,metode mengajar ceramah,metode ceramah dalam pembelajaran,defenisi metode cerama,ciri-ciri pembelajaran metode ceramah

Related Posts :

Comments

comments

Belum ada Komentar taretan, yuk kasih komen kalian.... No rasis, No anarkis!

More in Pendidikan (48 of 61 articles)