Pengertian Metode Mengajar Pendidikan Agama Islam

Metode PembelajaranMetode mengajar terdiri dari dua kata yaitu : “metode dan mengajar“. Metode berarti cara atau jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan mengajar berarti menyajikan atau menyampaikan.

Metode mengajar adalah suatu cara yang harus di lalui untuk menyajikan bahan pengajaran. (Ramayulius, 2001, hal : 107-108). Pendapat lain mengatakan bahwa metode mengajar adalah cara yang paling tepat dan cepat di gunakan dalam suatu pengajaran, (Tafsir 1997, hal : 9).

Berdasarkan kedua pendapat tersebut, maka yang dimaksud dengan metode mengajar adalah cara yang dilakukan oleh guru atau pendidikan dalam memebrikan materi atau bahan pelajaran kepada siswa dalam suatu proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Sedangkan definisi tentang pendidikan agama Islam adalah usaha belajar dan sistematis dalam membantu anak didik agar mereka hidup sesuai dengan ajaran agama Islam agar kelak menjadi manusia muslim, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian yang utuh dan secara langsung memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan.

Pengertian agama Islam di atas, menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam adala merupakan tanggung jawab orang dewasa yang memiliki ilmu pengetahuan, kecakapan, juga ketrampilan untuk di ajarkan atau disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan bimbingan dan binaan yaitu generasi muda yang memiliki kepribadian muslim sesuai dengan yang di harapkan.

Apabila di hubungkan dengan definisi pendidikan agama Islam, maka di peroleh pengertian bahwa “ metode pengajaran pendidikan agama Islam adalah suatu cara yang telah direncanakan dan disusun secara sistematis dalam memberikan atau menyampaikan materi atau bahan pelajaran kepada peserta didik agar mereka hidup sesuai dengan tuntutan agama Islam, berkepribadian utuh dan dapat memahami, menghayati serta mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari.


Incoming search terms:

    Pengertian Mengamalkan dan mengajarkan,tujuan metode terhadap pembelajaran pendidikan agama islam,problem mengajar PAI,metode pengajaran Islam,Pengertian metodeologi pendidikan agama islam,pengertian metedologi pengajaran ugama,pengertian mengamalkan,metode apa saja yang mengajarkan pai,mengamalkan PAI,definisi metodologi pengajaran pai,beberapa pendapat definisi metodologi pengajaran PAI

Related Posts :

  • Macam-macam Metode Pembelajaran-Dalam dunia pendidikan di kenal berbagai macam metode pengajaran ...

  • Metode tanya jawab adalah penyampaian pelajaran dengan jalan guru mengajukan pertanyaan dan muri ...

  • Metode diskusi atau musyawarah adalah suatu kegiatan kelompok dalam memecahkan masalah untuk men ...

  • Metode pemecahan masalah atau problem solving adalah cara mengajar dengan cara memotivasi murid ...

  • Metode ceramah ialah penerangan dan penuturan secara lisan oleh guru di depan siswa di muka kela ...

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

More in Pendidikan (52 of 60 articles)