Home » Kesehatan » Mengnal Penyakit Kista Ovarium dan Jenis- Jenisnya

Kista ovarium adalah kantung/ gelembung kecil yang berisi cairan dan berkembang pada ovarium wanita. Kebanyakan kista jenis ini tidaklah  berbahaya, tetapi beberapa beberapa kasus dapat menyebabkan masalah seperti pecah, perdarahan, atau sakit, untuk mengobati kista ovarium ini yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah dengan  jalan operasi. Hal ini sangat penting, selain untuk mengembalikan ovarium ke dalam keadaan yang normal, juga untuk dipelajari bagaimana kista ovarium ini bisa terbentuk.

Jika diamati dengan  gambar USG, kista ovarium menyerupai gelembung. Kista ini  hanya berisi cairan dan dikelilingi oleh dinding yang sangat tipis. Jenis kista ini juga disebut dengan kista fungsional atau kista sederhana. Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan telur, maka cairan akan  menetap dan dapat membentuk kista di ovarium. Hal ini dapat terjadi pada  salah satu ovarium.
Kista ovarium dapat terjadi pada wanita dari segala jenis usia. Sebagian besar kista ovarium dianggap fungsional (fisiologis), yang artinya bila kista ini  terjadi, maka dianggap sesuatu yang normal dan bukan merupakan bagian dari proses penyakit. Sebagian besar kista ovarium ini sifatnya jinak, dan bukanlah  kanker, dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu tanpa harus menjalani  pengobatan. Kista ovarium paling sering terjadi pada waktu seorang  wanita melahirkan anak. Namun sebagain lagi tergolong kanker.

Banyak jenis kista ovarium, dan jenis yang paling umum adalah sebagai berikut:

kista folikulerKista Folikuler: jenis kista ini tergolong kista yang amat sederhana, kista ini bisa terjadi pada saat ovulasi, dengan ukuran berdiameter 2,3 inchi. Bila kista ini pecah dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan biasanya terjadi di tengah-tengah siklus ovulasi. Kista jenis ini tidak memerlukan pengobatan, kista ini akan hilang dengan sendirinya.
Kista Corpus luteum: Jenis kista ini adalah tergolong kista ovarium yang  terjadi setelah telur dilepaskan dari folikel. Setelah pelepasan ini,  maka folikel tadi disebut korpus luteum. Kista Corpus luteum biasanya tidak menimbulkan gejala. Dalam beberapa kasus, kista korpus luteum berisi  darah atau cairan bening, memperluas, dan melekat pada ovarium. Meski tanpa gejala, tetapi dalam beberapa kasus Kista korpus luteum kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri panggul atau perut.
kista hemorrhegickista Dengue:  Kista dengoe adalah jenis kista ovarium yang paling umum . Kista ovarium ini juga dikenal sebagai kista darah atau hematokista. Gejala yang timbul dan dapat dirasakan biasanya adalah adanya rasa sakit pada perut  serta adanya peregangan pada dinding ovarium.
kista dermoidkista dermoid: jenis kista ini merupakan tumor jinak kadang-kadang disebut sebagai teratoma kistik. Kista ini tergolong kista  abnormal yang biasanya dapat terjadi pada  wanita muda dan dapat tumbuh dengan diameter yang  mencapai  6 inchi. Kista dermoid dapat berisi jenis pertumbuhan jaringan tubuh yang lain  lain seperti lemak,  tulang, rambut, dan tulang rawan.
kista endometrioidKista endometrioid: Bagian dari kondisi yang dikenal sebagai endometriosis , kista jenis ini terbentuk ketika jaringan endometrium (jaringan lapisan rahim) hadir pada ovarium. Kista jenis ini biasanya terjadi pada perempuan selama masa  reproduksi . Kista jenis ini dapat menyebabkan nyeri panggul yang kronis yang berhubungan dengan menstruasi.
kistadenomaKistadenoma: Kistadenoma adalah jenis tumor jinak yang berkembang dari jaringan ovarium. Kista ini  berisi  bahan cairan semacam lendir. Kistadenoma dapat menjadi sangat besar dan dapat mencapai ukuran deameter 12 inchi.
kista polikistik ovariumPolikistik ovarium Timbul: Jenis Kista ini didiagnosis berdasarkan ukuran besar nya – biasanya dua kali lipat dari normal  dan terbentuk di sekitar bagian luar ovarium. Kondisi ini dapat ditemukan pada wanita sehat dan pada wanita dengan gangguan hormon (endokrin) . Untuk mendiagnosa kista jenis ini ialah dengan gambar USG.

Incoming search terms:

    gambar penyakit kista,gambar kista,foto penyakit kista,kista folikuler,kistadenoma adalah,www gambar penyakit kista,Kista Ovarium sinisitra,gambaran penyakit kista,macam2 penyakit kista,FOTO GAMBAR PENYAKIT KISTA

Related Posts :

Comments

comments

11 Responses to “Mengnal Penyakit Kista Ovarium dan Jenis- Jenisnya”

  1. Apakah ada makanan yang dilarang yang dapat menyebabkan kista ???????

    Reply
    • Moh Syafiruddin July 12, 2011

      Mbak ika, untuk mkanan yang berpengaruh terhadap terjadinya penyakit kista antara lain adalah alkohol, makanan berkadar lemak tinggi, keju, cafeiin.
      Adapun makanan yang dianjurkan untuk kesembuhan penyakit kista adalah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi dayuran dan bawang putih. Trims, semoga manfaat…..

      Reply
  2. Dear Dokter…

    Please info apakah kista ini dapat terjadi pada semua wanita termasuk anak gadis masih usia sekolah atau hanya terjadi pada wanita yang sudah berumhatangga/pernah melakukan hubungan intim.

    Salam
    Eldarita

    Reply
    • Moh Syafiruddin October 7, 2011

      Trims mbak elda,
      Kista ovarium dapat terjadi pada wanita yang telah memasuki masa produktif (subur)….

      Reply
  3. Dear Dokter,

    Dok saya sedang hamil 5 bulan dan didiagnosa terdapat kista pd indung telur sebelah kiri dgn ukuran 6 cm dan sdh di priksa ke rs cipto mengenai jenis kistanya ternyata kista dermoid, kata dokter kandungan sy kista bisa diangkat pd saat brsamaan sy melahirkan, cuma katanya indung telur jg hrs diangkat krn indung telur sudah tidak berfungsi dgn baik dan kalo dibiarkan akan menjadi kanker, yg sy ingin tanyakan apakah indung telur sy hrs diangkat? adakah solusi lainnya supaya indung telur sy tdk diangkat ? terimakasih sebelumnya atas infonya…..

    Reply
  4. dear dokter

    saya masih belum mengerti gejala gejala kista apa? yg membuat wanita tidak bisa hamil. kira-kira gejala-gejalanya seperti apa ya?

    Reply
  5. Sekedar info, mudah2an bermanfaat, terimakasih.
    Bukti bahwa jamur dewa memiliki khasiat yang luar biasa, pasien yang memiliki kista di indung telur dan mengkonsumsi jamur dewa secara rutin. Hasilnya, setelah beberapa bulan, kista pada indung telurnya hilang.021 70985599 http://aufar-jamurdewa.blogspot.com/p/kista.html

    Reply
  6. Dear Dokter,
    Dok,saya sudah menikah selama 2 tahun,Namun kami belum dikaruniai anak.Setelah kami cek USG saya divonis terkena kista sebesar 2 cm.apakah ada obat,selain dioperasi.Saya sangat ingin cepat punya momongan.
    Mohon solusinya.

    trim’s

    Reply
  7. Afidah April 6, 2012

    Saya Afidah, ibu rumah tangga dengan 3 anak wanita semuanya, saya waktu mengandung anak pertama, di diaknosa dokter mempunyai kista/miom sebesar 3 cm. Tapi alhamdulillah Kista/Miom tersebut dapat keluar dengan sendirinya setelah di urut/dipijat oleh suami saya. yang saya tidak mengerti, kenapa dengan di pijat (pijatnya tidak seperti biasa orang memijat, tapi hanya dengan menyapu dengan telapak tangan suami ke arah perut saya, dengan tidak menyentuh kulit saya samasekali)kista tersebut dapat lepas? Apakah karena pengaruh tenaga dalam dari telapak suami saya, sehingga kista tersebut dapat lepas? Kejadian tersebut terulang lagi sekitar 2 minggu yang lalu, jadi sudah 2 kali saya di tolong oleh suami sendiri. Wallahuallam hanya Allah SWT yang Mengetahui.

    Reply
  8. minda May 31, 2012

    saya punya kista 5,6cm dan sudah di perasi, namun hingga sekarang tidaki ada perubahan sama sekali meskipun sudah hampir 4tahun. gejala yang saya alami adalah keutihan setiap hari dengan frekuensi seperti saat mens. hal ini cukup mengganggu saya dalam beraktifitas, dulu saya pernah konsultasi namun dianjurkan untuk cepat menikah karena dikhawatirkan bisa tidak mempunyai keturunan. padahal usia sekarang saya saja baru 19 tahun. apa ada solusi atau saran untuk saya agar bisa sembuh?
    bila ada mohon dikirim ke email saya mivindava@yahoo.com

    Reply
  9. itak siswanto September 26, 2012

    semenjak sy duduk di bangku SMA sy sudah terkena kista,,,,,,,skit yg sya rasakan sungguh hebat dan setiap sy dtng haid sy pasti tdk sadarkan diri dan cm berbaring,,,,
    tp Syukur ALHAMDULLILLAH,,,,,,,skrng sy sdh tdk merasakan skit itu lg,soalnya pd th 2008 sy melahirka dngn cr operasi sekalian angkat kista saya,dan ALHAMDULILLAH sampai skrng dah tersa skit lg,,,,,
    tp th 2011 kmrn sy mengalami pendarahan hebat bahkan gumpalan” darah jg keluar itu sy alami hampir 3 mngg,,,,,,setelah sy USG ternyata hasilny sy kena infeksi kandungan,,,,,,
    yg ingin sy tyakan pd Dokter adlh apakah infeksi kandungan yg sy alami ada hubangany sm kista,,,,,?????
    soalnya sy sering merasakn skit di perut bag bwh sya,skitny sungguh hebat,nyeri dan agak sedikit panas,,,,,,itu biasany sy rasak kal sy lg capek,kadng jg kal hbs berhubungan intim sy jg merasakn skit,
    gmn Dok apa berbahaya,,,,,

    Reply
More in Kesehatan (177 of 188 articles)